Partai Pengusung Belum Juga Tentukan Kandidat Calon Wagub Kepri

639
Pesona Indonesia
Kepala Dinas Pendapatan Kepri, Isdianto, salah satu yang disebut-sebut berpotensi menjadi Wakil Gubernur Kepri.
Kepala Dinas Pendapatan Kepri, Isdianto, salah satu yang disebut-sebut berpotensi menjadi Wakil Gubernur Kepri.

batampos.co.id – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPD) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Provinsi Kepri, Iman Sutiawan mengatakan sampai saat ini masih belum ada pergerakan strategis dari masing-masing partai pengusung Sani-Nurdin (Sanur) untuk menentukan kandidat Calon Wakil Gubernur yang akan diusung.

“Masih belum ada perkembangan apapun sampai ke detik ini. Meskipun Gubernur sudah melayangkan surat ke masing-masing parpol pengusung sebulan yang lalu,” ujar Iman menjawab pertanyaan koran Batam Pos, Rabu (21/9) dari balik sambungan telpon.

Wakil Ketua DPRD Kota Batam itu, menjelaskan, penentuan kandidat Wagub Kepri masih melalui proses yang panjang. Apalagi sifatnya tim. Sehingga keputusan yang diambil harus kolektif kolegial. Menurut Iman, semua partai pengusung punya kekuatan yang sama.

“Karena sama-sama partai pengusung, tentu punya posisi yang sama. Meskipun demikian, jika itu menjadi kebutuhan tentu harus dicarikan solusi terbaik seperti apa nantinya,” jelas Iman.

Legislator dari daerah pemilihan Belakang Padang, Batam tersebut mengungkapkan dinamika politik terkait kandidat wagub Kepri akan terus berkembang. Masih kata Iman, siapapun figur yang disepakati nanti, adalah orang-orang yang punya komptensi lebih.

“Sehingga bisa bekerjsama dengan Gubernur. Bisa jadi, tahapan ini akan berjalan apabila sudah ada petunjuk yang jelas terkait tentatib pemilihan Cawagub. Karena itu menjadi acuan parpol pengusung maupun DPRD Kepri nantinya,” tutup Iman.

Seperti diketahui, nama-nama yang santer disebutkan berpotensi mendampingi Gubernur Kepri Nurdin Basirun yang sudah melakukan lobi-lobi politik seperti Kepala Dinas Pendapatan Kepri, Isdianto. Ada juga Wakil Ketua DPRD Bintan, Agus Wibowo. Nama lainnya yang dikabarkan mulai merancang strategi untuk duduk sebagi Wagub adalah Huzrin Hood. Dari sekian nama tersebut, belum ada yang mendapatkan rekomendasi dari masing-masing partai pengusung untuk diusulkan kepada Gubernur.

Sebelumnya, Pengamat Politik Provinsi Kepri, Zamzami A Karim mengatakan sejumlah kandidat Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Kepri terus bergerak liar. Banyaknya pintu politik yang harus dilewati, sehingga diprediksikan bakal “babak belur”. Sementara itu, DPD Partai Demokrat Provinsi Kepri akan mengumumkan hasil rekomendasi Partai Demokrat sebagai pengusung Sani-Nurdin (SANUR).

“Meskipun DPRD sudah mengusulkan pembentukan Pansus Wagub Kepri, tanpa adanya dasar hukum yang kuat, juga tidak akan berjalan,” ujar Zamzami.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar