Pemkab Bintan Peringkat Kedua Pengelolaan Keuangan Daerah Tingkat Kepri

401
Pesona Indonesia
 Kepala BPK Perwakilan Propinsi Kepri, Isman Rudy menyerahkan LHP Keuangan Semester Pertama Pemkab Bintan 2016 kepada Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam di Aula Kantor BPK Kepri Kota Batam, Selasa (20/9). Dengan LHP itu mengantarkan Pemkab Bintan peringkat kedua terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah tingkat Kepri. foto:ist
Kepala BPK Perwakilan Propinsi Kepri, Isman Rudy menyerahkan LHP Keuangan Semester Pertama Pemkab Bintan 2016 kepada Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam di Aula Kantor BPK Kepri Kota Batam, Selasa (20/9). Dengan LHP itu mengantarkan Pemkab Bintan peringkat kedua terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah tingkat Kepri. foto:ist

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan kembali meraih prestasi gemilang dengan menduduki peringkat kedua terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah tingkat Provinsi Kepri tahun ini. Penghargaan terhadap prestasi yang diraih dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Keuangan Semester Pertama Pemkab Bintan 2016 itu langsung diserahkan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kepri kepada Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam di Aula Kantor BPK Kepri Kota Batam, Selasa (20/9).

Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam mengatakan tahun ini Pemkab Bintan terus meraih prestasi gemilang baik dari tingkat nasional maupun Provinsi Kepri. Khususnya raihan prestasi dalam pengelolaan keuangan daerah 2016 yang berhasil mengantarkan Pemkab Bintan menduduki peringkat kedua terbaik se Provinsi Kepri. Kesuksesan ini merupakan hasil dari kerjakeras seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di lingkungan Pemkab Bintan.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada BPK atas dilakukannya pemeriksaan LHP keuangan daerah Pemkab Bintan semester pertama tahun ini. Sebab, LHP inilah yang mengantarkan Pemkab Bintan meraih prestasi,” ujar Dalmasri disela-sela acara penyerahan LHP dari BPK.

Dalmasri berharap dengan pemeriksaan LHP keuangan daerah yang dilakukan BPK ini bisa menjadi pemacu semangat seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Bintan. Kemudian juga akan dijadikan bahan koreksi untuk perbaikan sistem pengelolaan keuangan daerah. Sehingga kedepannya pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah yang dilaporkan Pemkab Bintan kepada BPK akan lebih maksimal lagi.

“Mudah-mudahan hasil laporan yang telah kami terima ini menjadi bahan koreksi. Kedepannya, kami akan kerja lebih keras lagi atau semaksimal mungkin untuk meningkatkan pengelolaan keuangan pemerintah,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPK Perwakilan Propinsi Kepri, Isman Rudy mengatakan ada tiga kategori yang harus dilakukan BPK untuk melaksanakan pemeriksaan laporan keuangan daerah. Diantaranya pemeriksaan pertanggung jawaban atas bantuan keuangan untuk partai politik (parpol) dari alokasi APBD 2014, laporan hasil pemantauan penyelesaian kerugian daerah atau negara semester pertama tahun 2016 dan laporan hasil tindak lanjut pemeriksaan BPK untuk periode semester satu pertama di tahun pertama.

“Setelah kita lakukan pemeriksaan keuangan daerah dari tujuh kabupaten/kota, Bintan menuai hasil yang cukup baik. Bahkan dengan hasil yang diraih, mengantarkan Bintan menduduki peringkat kedua terbaik se Provinsi Kepri,” akunya.

Secara rinci, Kata dia, LHP Pemkab Bintan yang telah diuji ataupun dinilai melalui tiga kategori yaitu untuk bantuan keuangan parpol, Pemkab Bintan telah mengalokasikan bantuan dana dari APBD kepada tujuh parpol. Jumlah bantuan itu juga sesuai dengan laporan hasil pertanggung jawaban keuangan yang diserahkan dari tujuh parpol tersebut. Kemudian untuk jumlah pemeriksaan terhadap kerugian daerah diperoleh total keseluruhan kasus kerugian berjumlah 243 kasus sedangkan yang masih berupa informasi berjumlah 239 kasus. Terakhir untuk jumlah kerugian dalam proses penetapan berjumlah tiga kasus serta yang sudah ditetapkan sebanyak satu kasus.

“Hasil pemeriksaan laporan pertanggung jawaban keuangan yang dilakukan BPK kepada Pemkab Bintan sudah dilakukan dengan baik. Jadi kami ucapkan terima kasih kepada bupati, wakil bupati, sekda serta jajaran yang telah cepat tanggap menindaklanjuti pemeriksaan ini,” katanya.

“Saya berharap kedepannya Pemkab Bintan bisa terus berupaya memperbaiki kekurangan yang ada dan juga bisa berusaha keras meningkatkan sistem pengelolaan keuangan daerahnya,” ungkapnya.

Acara penerimaan penghargaan atas prestasi gemilang yang diraih Pemkab Bintan itu juga dihadiri Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bintan, Lamen Sarihi, Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Bintan, Raja Muhammad Akib Rachim, Kepala Inspektorat Bintan, Junisman, Kepala Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas) Bintan, Karya Hermawan, Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Bintan, Raja Muhammad, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Bintan, Edi Pribadi, Sekertaris Dinas Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Keuangan Daerah (DPPKD) Bintan, Atriya, Kepala Bagian (Kabag) Agraria Bintan, Hendrio Karyadi dan Kepala Sub Bagian (Kasubag) Protokol Bintan, Suryanto AR.(ary/bpos)

Respon Anda?

komentar