Target Raih Predikat WTP Kandas, Pemkab Lingga Segera Berbenah

334
Pesona Indonesia
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun menerima penghargaan WTP di Jakarta, Selasa (20/9). foto:humas pemprov
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun menerima penghargaan WTP di Jakarta, Selasa (20/9). foto:humas pemprov

batampos.co.id – Target Kabupaten Lingga untuk meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) seperti yang didengung-dengungkan Bupati Lingga Alias Wello kandas. Sebab hanya Provinsi Kepri, Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun dan Kabupaten Anambas yang mendapat predikat WTP dari Kementerian Keuangan RI dan langsung diserahkan oleh Menkeum Sri Mulyani di Gedung Dhanapala, Jakarta, Selasa (20/9) siang. Menyisahkan Kabupaten Lingga yang tidak meraih predikat tersebut.

Wakil Bupati Lingga M Nizar yang dihubungi koran Batam Pos mengatakan hasil WTP tersebut adalah gambaran dari sistim pembukuan keuangan Pemkab Lingga pada tahun 2015. Sedangkan pada tahun tersebut, dirinya dan Bupati Lingga Alias Wello belum menjabat sebagai pemimpin daerah ini.

“Namun itu bukan menjadi alasan bagi kami yang mesti mengemban tanggungjawab saat ini,” ujar Nizar ketika dihubungi, Rabu (29/9) siang.

Untuk itu, Pemkab mengambil langkah-langkah untuk mempersiapakan Kabupaten Tanah Bunda Melayu ini meraih predikat WTP pada tahun mendatang. Menurut Nizar Langkah yang akan diambil salah satunya dengan merapatkan seluruh SKPD agar menyatukan tujuan dalam meraih WTP pada 2017 nanti.

Dalam rapat yang dipimpin Nizar tersebut, Rabu (29/9) sekitar pukul 15.00 WIB di Daik Lingga akan merumuskan pokja aset dengan membentuk segera pokja tersebut. Hal ini dilakukan karena Nizar menilai aset yang dimiliki Pemkab Lingga masih tersebar tidak menentu arah. Sangat berbeda dengan kabupaten kota lainnya.

Selanjutnya, Nizar secepatnya mengutus DP2KA untuk menemui konsultan Appraisal yang ada di Batam untuk mendapat konsultasi terkait mengatasi dan merapihkan aset milik Pemkab Lingga. Pasalnya, untuk mendapatkan predikat WTP tersebut sangat bergantung pada aset pemerintah daerah yang baik.

“Langkah-langkah ini nantinya akan kami sampaikan kepada teman-teman di Banggar Legeslatif dan Banggar Eksekutif yang saat ini lagi sibuk membahas persiapan APBDP,” ujar Nizar. (wsa/bpos)

Respon Anda?

komentar