AS Kenalkan Keamanan Pelabuhan Standar IMO di BP Batam

331
Pesona Indonesia

konsulat-memberikan-seminarbatampos.co.id – Konsulat Jenderal Amerika Serikat untuk Indonesia berkunjung ke Badan Pengusahaan (BP) Batam, Jumat (23/9). Mereka menggelar seminar tentang Keamanan Maritim dan Pelabuhan di Amerika Serikat.

“Standar keamanan terbaik untuk sebuah pelabuhan sebenarnya, tentu saja, pelabuhan yang mengikuti standar IMO,” kata Senior Advisor to the Asisstant Secretary Borders, Immigration, and Trade US Department of Homeland Security, Sean K Moon.

IMO, katanya, mulai melirik pengamanan pelabuhan dengan sistem cyber. Pengamanan ini lebih penting ke depannya. Sistem ini dapat menjaga alat pelabuhan berfungsi dengan baik.

“Pelabuhan saat ini berisi mesin-mesin industri beserta komputer,” tuturnya.

Sean datang ke Batam dalam rangka melakukan koordinasi di bidang keamanan maritim dan pelabuhan. Ia ingin berbagi pengetahuan dan pengalamannya di bidang itu.

“Saya pernah mengunjungi pelabuhan-pelabuhan yang baik. Saya ingin membaginya di sini,” katanya lagi.

Plt Kepala Kantor Pelabuhan Laut Batam, Heri Suryono mewakili Deputi 3 BP Batam, RC Eko Santoso Budianto, dalam sambutannya mengatakan, Kepulauan Riau termasuk salah satu poros maritim di Indonesia karena memiliki berbagai keunggulan. Dan Batam merupakan pusat pengembangan dan pengendalian ekonomi kemaritiman di Kepri dan daerah sekitar.

“Batam memiliki beberapa pelabuhan berbasis internasional yang bersifat rutin menghubungkan perekonomian Indonesia. Kepri, Singapura dan negara lainnya,” kata Heri.

Saat ini, lanjutnya, berbagai pembangunan infrastruktur dan fasilitas-fasilitas lainnya terus digalakkan untuk pertumbuhan ekonomi nasional secara baik. Faktor keamanan dan keselamatan dinilai menjadi prioritas utama. Walaupun saat ini dirasa belum berjalan maksimal.

“Kami tetap berupaya melakukan pembangunan infrastruktur tersebut,” ujarnya (ceu)

Respon Anda?

komentar