Kampanye stop penularan HIV/AIDS. Foto: istimewa
Kampanye stop penularan HIV/AIDS. Foto: istimewa

batampos.co.id – Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Natuna, Erson Gempa, mengatakan, pemerintah daerah akan terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Menurut Erson, pelayana kesehatan yang mendapat perhatian adalah penyebaran penyakit yang disebabkan oleh HIV. Sehingga dinas kesehatan perlu menambah lima klinik VCT di lima puskesmas di kecamatan.

“Data sekarang sudah 75 warga Natuna positif tertular virus HIV. Klinik VCT akan ditambah, dan itu sangat penting menekan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat,” kata Erson, Kamis (22/9).

Saat ini klinik VCT baru satu beroperasi di Puskesmas Ranai. Klinik VCT yang perlu ditambah seperti di Puskesmas Sedanau, puskesmas Serasan,dan Puskesmas Tanjung.

Menurutnya, dengan penambahan klinik VCT, petugas kesehatan dapat terus melakukan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat di kecamatan yang masih menganggap HIV adalah tabu.

“Sekarang dinas kesehatan terus meningkatkan sumber daya manusianya, untuk menambah klinik VCT di puskesmas kecamatan,” sebut Erson.

Dikatakan Erson, data tersebut dipastikan meningkat. Karena penyebaran virus HIV adalah fenomena gunung es. Saat ini baru telihat puncaknya, namun sebenar penularannya sudah lebih dari angka tersebur.

“Persoalan pengumpulan data, dinas kesehatan rutin setiap tahun melakukan pemeriksaan kepada kalangan risiko tinggi,” ujarnya.

Penularan HIV/Aids di Natuna sangat mengkhawatirkan, meski di Natuna tidak terdapat lokalisasi penjaja seks komersial. Namun sejak menjamurnya tempat kaaroke remang remang-reman menjadi salah satu penyebab penularannya tidak terkontrol.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar