Jakarta Dukung Pembangunan Infrastruktur di Karimun

126
Pesona Indonesia
Pelabuhan Parit Rampak berada diwilayah FTZ yang potensi dikembangkan untuk usaha kemaritiman apabila dibantu dengan pembangunan infrastruktur oleh Pemerintah Pusat.foto:tri haryono/batampos
Pelabuhan Parit Rampak berada diwilayah FTZ yang potensi dikembangkan untuk usaha kemaritiman apabila dibantu dengan pembangunan infrastruktur oleh Pemerintah Pusat.foto:tri haryono/batampos

batampos.co.id – Bupati Karimun H Aunur Rafiq menghadap Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat Republik Indonesia di Jakarta, Jumat (23/9) lalu. Dalam pertemuan tersebut, Bupati memaparkan beberapa kegiatan pembangunan inftrastruktur yang perlu dukungan Pemerintah Pusat melalui Kementerian PU, dan Perumahan Rakyat RI.

“Alhamdulillah, mereka sangat merespon yang kami paparkan. Tinggal menindaklanjuti untuk dimasukkan ke Kementerian PU,” jelas Rafiq, Minggu (25/9) didampingi Kabag Humas Setkab Karimun M Yosli.

Dikatakan, respon positif dari Pemerintah Pusat dalam meningkatkan pembangunan di kabupaten Karimun seperti pembangunan infrastruktur jalan, irigasi, air bersih dan konektivitas antar pulau melalui pembangunan jembatan dan pelabuhan. Artinya, peranan Pemerintah Pusat sangat penting mengingat pembangunan infrastruktur tersebut tidak mungkin dibangun oleh Pemerintah Daerah kabupaten Karimun keseluruhannya.

“Infrastruktur sangat penting di Karimun ini sebagai pendukung bagi investor nantinya. Apalagi wilayah kabupaten Karimun, sangat strategis yang diapit oleh negara serumpun Singapura dan Malaysia. Terutama tentang konektivitas antar pulau yang cukup mendesak untuk direalisasikan,” ucapnya.

Sementara Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah PU dan Perumahan Rakyat RI Ridho mengatakan, dengan wilayah yang cukup strategis untuk dikembangan sebagai wilayah zona industri. Pihaknya sangat mendukung untuk meningkatkan inftrastruktur pembangunan fisik. Terutama, pembangunan Rusunawa yang diperuntukan bagi para pekerja.

“Kalau dilihat dari data. Kabupaten Karimun cukup pesat peningkatan ekonominya, dengan dibuktikan belasan ribu orang yang masuk kerja disana. Ditambah, komitmen para investor untuk mendukung Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun yang ingin terus meningkatkan industrinya,” paparnya.

Hal senada juga disampaikan Direktur Perencanaan Inftrastruktur Wilayah Kementerian PU dan Perumahan Rakyat RI Hadi Sucaryono, bahwa untuk kabupaten Karimun akan diprioritaskan dalam pembangunan infrastruktur kedepan. Mengingat, wilayah perbatasan termasuk banyaknya pulau-pulau terdepan yang perlu pembangunan fisik.

“Jadi Pak Bupati silakan susun perencanaan inftrastruktur yang diperlukan. Agar segera kita masukkan dalam program Kementeriaan nantinya,” tegasnya. (tri)

Respon Anda?

komentar