1.197 Warga Seijang Terima KIS, Bisa Juga Digunakan untuk Cek Kesehatan Rutin

326
Pesona Indonesia
Kartu Indonesia Sehat
Kartu Indonesia Sehat

batampos.co.id – Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Kesehatan menyerahkan 1.197 Kartu Indonesia Sehat (KIS) bagi warga Kelurahan Seijang, Kecamatan Bukit Bestari, Minggu (25/9). KIS merupakan kartu tanda identitas peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Sejatinya, KIS digunakan sebagai kemudahan pembiayaan berobat bagi warga kurang mampu. Namun, Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah menginginkan agar KIS bisa dimanfaatkan lebih daripada itu.

“KIS ini juga bisa dipakai untuk cek kesehatan rutin. Jadi bisa dimanfaatkan untuk itu, agar tahu kondisi kesehatan sehingga bisa mencegah terjadinya sakit,” kata Lis.

Ada dua jaminan kesehatan yang ditanggung KIS. Pertama adalah jaminan kesehatan yang dibiayai pemerintah pusat. Kedua, jaminan yang dibiayai pemerintah daerah. Karena itu, dari tahun ke tahun, Lis menginginkan jumlah penerima KIS di Tanjungpinang bisa terus bertambah. Bila sebelumnya hanya dapat membantu lima ribu warga saja, untuk tahun ini tercatat sudah lebih dari 16 ribu KIS dibagikan.

“Pemerintah selalu terus berupaya untuk terus memperbaiki program ini agar terus membaik serta dapat mewujudkan pula Tanjungpinang Sehat” ujar Lis.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Rustam mengatakan penyerahan 1.197 KIS kepada warga Seijang kemarin kian melengkapi sekaligus menambah jumlah penerima dari tahun sebelumnya yang hanya menerima sebanyak 2.232 KIS dari pemerintah pusat.

“Kalau ada kesulitan dalam mendapatkan pelayanan, Dinas Kesehatan juga akan memberikan bantuan untuk pendampingan,” ujar Rustam. (muf/bpos)

Respon Anda?

komentar