Khusus Hari Jadi Kepri, Jembatan I Dompak Dibuka Untuk Umum

906
Pesona Indonesia
Jembatan Dompak
Jembatan Dompak

batampos.co.id – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kepri, Heru Sukmoro mengatakan meskipun Jembatan I Dompak, Tanjungpinang belum rampung dikerjakan. Akan tetapi khusus momentum hari jadi Provinsi Kepri ke 14, Jembatan tersebut dibuka untuk umum. Gubernur Kepri, Nurdin Basirun akan melakukan running test hari ini, Senin (26/9).

“Pekerjaan berat tinggal penyelesaian bentang busur ketiga. Diperkirakan rampung dalam dua pekan kedepan,” ujar Heru didampingi Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Jembatan I Dompak, Rodi Yantari kepada wartawan, Minggu (25/9) sore.

Disebutkan Heru, cabel stay di bentangan busur pertama sudah terpasang. Sementara dibentangan busur kedua sudah siap proses pengecoran beberapa hari yang lalu. Tetapi sorring yang terpasang masih belum bisa dilepas. Karena ada interval waktu untuk proses pengeringan cor-coran. Masih kata Heru, apabila memang memungkin bisa saja diresmikan pada momentum puncak Festival Bahari Kepri nanti.

“Melihat progres yang ada sekarang, kita optimis selesai sebelum 31 Oktober. Diresmikan kapan, tergantung persetujuan Gubernur,” papar Heru.

Sementara itu, untuk peringatan hari jadi Provinsi Kepri, meskipun belum rampung Jembatan I Dompak, Tanjungpinang akan tetap dibuka untuk umum pada hari ini, Senin (26/9). Menurut PPTK Jembatan I Dompak, Rodi Yantari Jembatan tersebut dibuka dari arah Ramayana sampai P9. Karena di P8 masih ada pekerjaan konstruksi bentangan busur.

“Kita akan memberikan kesempatan kepada masyarakat Tanjungpinang untuk merasakan melintas di Jembatan I Dompak. Hanya saja dibatasi sampai P9,” ujar Rodi.

Dijelaskan Rodi, kelonggaran tersebut diberikan, karena besarnya semangat masyarakat untuk melintasi di Jembatan. Bahkan ada yang bertanya Jembatan I Dompak kapan dibuka untuk umum. Untuk melepas keinginan masyarakat, sempena hari jadi akan dibuka untuk masyarakat umum. Ditegaskannya juga, di P9 akan ada petugas keamanan yang berjaga.

“Proses sterilisasi untuk sebelah jalan sudah hampir selesai dikerjakan. Karena rencananya besok (hari ini,red) Pak Gubernur akan melintasi Jembatan I Dompak menuju pusat Pemerintahan Provinsi Kepri,” jelas Rodi.

Pantauan dilapangan, kemarin sore, ratusan warga Tanjungpinang sudah memadati pintu masuk Jembatan I Dompak dari arah Ramayana, Tanjungpinang. Akan tetapi dengan alasan keamanan, masyarakat masih belum diizinkan untuk masuk. Kehadiran Jembatan I Dompak, membawa pengaruh baru bagi Tanjungpinang sebagai Ibu Kota Provinsi Kepri.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar