Pembelian Kendaraan Menurun 60 Persen, Penerimaan Pajak Kendaraan Juga Turun

1074
Pesona Indonesia
Honda Mobilio. Foto: Ist
Ilustrasi. Foto: Ist

batampos.co.id – Lemahnya ekonomi masyarakat pada tahun 2016 juga berimbas pada jual beli kendaraan baik roda dua dan roda empat. Unit Pelayanan Teknis (UPT) Samsat Tanjungpinang mencatat daya beli masyarakat terhadap kendaraan baru menurun sekitar 60 persen.

Kepala UPT Samsat Tanjungpinang, Novianto mengatakan menurunnya daya beli terhadap kendaraan pada tahun 2016 ini berdampak terhadap penerimaan pajak kendaraan di daerah terutama dari Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

“Dibandingkan dengan tahun 2013, 2014 dengan tahun 2015. Memang ditahun 2016 ini menurun drastis. Yah penyebabnya karena memang ekonomi yang sedang lesu,” ujar Novianto.

Dikatakan Novi, dua tahun yang lalu, jumlah kendaraan baru bisa mencapai 800 hingga 1000 unit. Sedangkan pada tahun ini kendaraan baru mencapai 200 hingga 300 unit saja.

“Saat ini kendaraan yang sudah terdata sebanyak 100 ribu unit untuk roda dua. Sedangkan roda empat sebanyak 20 ribu kendaraan,” kata Novianto.

Dilanjutkannya, untuk pajak kendaraan bermotor, target yang ditentukan telah tercapai. Namun, untuk BBNKB saat ini masih dibawah harapan. “Di prediksi hingga akhir tahun, penerimaan pajak BBNKB tidak mencapai dari target yang sudah ditetapkan,”ucapnya.

Pada tahun ini, jelas Novi, target dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang terdiri dari BBNKB dan lainnya sekitar Rp 60 miliar. Saat ini pendapatan pihaknya dari pajak sekitar Rp 30 miliar

“Tingkat kepatuhan masyarakat sudah termasuk bagus. Akan tetapi masih ada beberapa persen yang belum membayar pajak,”jelasnya.

Diterangkannya, untuk meningkatkan pendapatan dari pajak kendaraan bermotor, pihaknya akan menggelar razia gabungan. Hal itu sebagai pembinaan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak tepat waktu, juga sekaligus meningkatkan pendapatan daerah sebagai sumber pembiayaan pembangunan, dan penegakan peraturan berkenaan dengan pajak kendaraan bermotor.

“Razia merupakan salah satu usaha yang cukup efektif dalam menertibkan pembayaran pajak kendaraan bermotor dalam pemeriksaan kendaraan yang telah jatuh tempo,”pungkasnya.(ias/bpos)

Respon Anda?

komentar