Polisi dan TNI Temukan Ladang Ganja di Pasaman Barat

1088
Pesona Indonesia
ganja-ladang-jpnn
Ilustrasi

batampos.co.id – Tim gabungan dari Polisi dan TNI menemukan ladang ganja di Situak, Jorong Situak, Nagari Ujunggading, Kecamatan Lembahmelintang, Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera Barat, Jumat (23/9).

Kapolres Pasbar AKBP Djoko Ananto mengatakan ada 90 pohon ganja setinggi 15 centimeter yang diamankan dari lokasi penemuan. Sementara pemilik kebun, Martua Hot Pandiangan, 32, bersama keluarganya berhasil melarikan diri.

“Tanaman ganja itu diperkirakan sudah ada sekitar satu bulan dan sudah diamankan. Sedangkan pelakunya belum berhasil diamankan,” ujar Ananto seperti diberitakan Padang Ekspress (Jawa Pos Group) hari ini (26/9).

Karena saat petugas datang tidak ada lagi pelaku di sekitar kebun. Namun, identitas pelaku sudah diketahui. Pihaknya akan terus memburu pelaku, karena akibat perbuatannya itu sudah pidana dan meresahkan masyarakat sekitar.

“Pada saat dilakukan penangkapan pelaku berhasil melarikan diri, kemudian tanaman ganja tersebut langsung dicabut yang l disaksikan Kepala Jorong Situak dan Babinsa,” kata Ananto.

Menurut dia, penemuan ladang ganja itu awalnya adanya informasi dari masyarakat ke anggota TNI dan polisi. Seiring dengan itu saat tiba di lokasi kebun memang informasi itu benar.

Terlihat ada sekitar 90 batang tanaman ganja yang sudah dicabut. Tanaman ganja itu ditanam diantara tanaman nilam.

Di sisi lain, dari hasil pengungkapan kasus oleh petugas, terjadi peningkatan kasus narkoba jenis ganja di Pasbar. Untuk itu, pihaknya akan terus berupaya memutus jaringan peredarannya dari Sumut dengan memperbanyak patroli dan razia. Lalu terus memperketat koordinasi dengan Polres Madina dalam memerangi narkoba ini.

“Pengawasan di daerah perbatasan tentu ditingkatkan. Sebab pada umumnya daun ganja itu dibawa dari Madina melewati perbatasan Simpanggambir Kecamatan Ranto Baek dengan daerah Ranah Batahan,” sebutnya.(jpg)

Respon Anda?

komentar