Terapkan 5 Gaya Hidup Sehat Ini untuk Menjaga Kesehatan Jantung

773
Pesona Indonesia

ilustrasi-serangan-jantung

batampos.co.id – Serangan jantung menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia. Penerapan pola hidup sehat sangat berkaitan erat dengan kesehatan jantung.

Pada perayaan Hari Jantung Sedunia di Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (25/9), Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia, Syahlina Zuhal, menjelaskan penyakit jantung dapat dicegah.

Syahlina berbagi lima jurus jitu yang disebut dengan panca usaha sehat.

“Tema kali ini adalah Powered Your Life bahwa kami ingin menyadarkan masyarakat tentang gaya hidup mereka. Jadi penyakit itu disebabkan oleh pola hidup kita. Kami berperan pada pencegahan penyakit kardiovaskular,” tuturnya kepada Jawapos.com.

Pertama, gizi seimbang dalam asupan makanan setiap hari harus menjadi prioritas. Masyarakat harus mulai mengurangi komposisi karbohidrat dalam setiap piring.

“Sekarang itu kita harus mengurangi karbohidrat. Dalam setiap piring ada 50 persen sayur dan buah, 25 persen protein, 25 persen karbohidrat. Jadi karbohidrat hanya 25 persen dari keseluruhan porsi makanan,” paparnya.

Kedua, kata Syahlina, masyarakat harus berhenti merokok.

“Enyahkan rokok, itu dapat mencegah penyakit jantung,” tegasnya.

Ketiga yakni manajemen stres.

“Setiap pekerjaan dan masalah jangan dihadapi dengan stres,” tuturnya.

Keempat yakni berolahraga secara teratur. Tubuh yang sehat dan bugar akan membuat kerja jantung juga sehat.

Yang kelima atau terakhir, masyarakat harus mengawasi tekanan darah.

“Caranya kurangi lemak, garam dan gula. Gula itu nomor satu harus dikurangi. Kenapa? Gula itu memicu diabetes, garam menyebabkan hipertensi, lemak menyebabkan kolesterol, akhirnya stroke,” pungkasnya. (cr1/JPG)

Respon Anda?

komentar