Dapatkan Diskon dengan Kartu BPJS Kesehatan

1446
Pesona Indonesia

bpjsbatampos.co.id – Badan Penyedia Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memperluas kerjasama dengan sektor swasta dalam bentuk pemberian potongan harga bagi pemegang kartu BPJS Kesehatan Kelas 1 dan 2. Syaratnya, keanggotaan mereka harus aktif.

“Ini khusus untuk anggota JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) yang ada di Batam,” kata Kepala BPJS Kantor Cabang Utama Batam, Budi Setiawan usai penandatangan kerjasama di Hotel Harris, Senin (26/9).

Hingga saat ini, ada enam merchant yang telah bersedia menjadi mitra. Yakni, Harris Hotel Batamcentre dan Harris Resort Waterfront, Planet Holiday Group yang meliputi Planet Holiday Hotel, Cafe de Venus, dan Blue Horizon, de Patros Cafe, Karaoke Keluarga Masterpiece, Klinik Prodia, serta Emdee Skin Klinik.

Harris Hotel, Harris Resort, dan Planet Holiday Hotel menyediakan harga khusus untuk kamar bagi peserta JKN-KIS. Cafe de Venus memberikan potongan harga sebesar 20% untuk makanan, Blue Horizon memberikan potongan harga sebesar 10%, dan de Patros Cafe memberikan potongan harga 15% untuk makanan.

Sementara di bidang kesehatan dan perawatan, Klinik Prodia memberikan potongan harga pemeriksaan tunggal sebesar 8% dan pemeriksaan panel sebesar 10%. Sedangkan Emdee Skin Klinik menyediakan potongan harga untuk produk sebesar 10% dan perawatan sebesar 15%.

“Cukup tunjukkan kartu JKN-KIS-nya nanti pihak merchant yang akan memvalidasi kartu itu aktif tanpa tunggakan atau tidak. Kalau aktif, langsung dapat potongan harga,” jelas Budi.

Budi mengatakan, kerjasama potongan harga ini dilakukan untuk memberikan manfaat lebih bagi anggota JKN-KIS, terutama dari sektor swasta. Terhitung sudah ada 3.785 badan usaha yang bergabung dengan BPJS Kesehatan. Jumlah tersebut sebesar 70% dari seluruh badan usaha yang ada di Batam.

“Peran sektor swasta sangat besar. Itu urat nadi dari JKN ini,” ujarnya.

Selain itu, pemberian potongan harga ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran peserta untuk membayar iuran keanggotaan. Terutama bagi peserta mandiri. Pasalnya, dari total 169ribu peserta mandiri BPJS Kesehatan, hanya 49% yang rutin membayar iuran. Sisanya menunggak.

“Tantangan dari kepesertaan mandiri ini hampir sama se-Indonesia. Bukan hanya di Batam, angka yang membayar iuran itu rata-rata 49% saja,” ujarnya.

General Manager Harris Hotel, Mufrani, mengaku berterima-kasih telah diajak bekerja-sama dengan BPJS Kesehatan. Ia berharap, kerjasama ini dapat memperbesar pasar mereka. Serta memperluas minat masyarakat untuk bergabung dengan JKN-KIS.

“Semoga presentase yang aktif membayar iuran itu juga bisa meningkat,” ujar Mufrani dalam acara penandatanganan kerjasama itu.

Secara pribadi, ia juga berterimakasih dengan semua peserta JKN-KIS. Sebab, ia merasa tertolong. Sudah delapan bulan, Hilia -anaknya, rutin melakukan kemoterapi. Anaknya menderita kanker hati. Namun, selama itu juga ia tak mengeluarkan uang untuk biaya kemoterapi.

“Kami full dengan BPJS Kesehatan. Alhamdulillah sekarang, kondisi Hilia sudah lebih baik,” tuturnya.

Program ini mendapat dukungan dari Dinas Kesehatan Batam. Kepala Dinas Kesehatan Batam, Chandra Rizal, mengatakan, program itu bertujuan untuk mewujudkan Indonesia sehat. Harapannya, seluruh bangsa Indonesia menjadi peserta JKN-KIS.

“Sekarang sudah ada 40ribu kepesertaan yang dijamin pemerintah. Itu bagi yang tidak mampu,” ujar Chandra Rizal.

Disampaikannya, fasilitas kesehatan di Batam juga meningkat seiring dengan bertambahnya keanggotaan BPJS Kesehatan. Seperti misalnya, ada rumah sakit yang akan segera meningkatkan kelasnya. Dari kelas C menjadi kelas B.

“Sudah ada 14 rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dari total 16 rumah sakit,” katanya. (ceu)

Respon Anda?

komentar