Inilah Sosok Pelatih yang Menjadi Inspirasi Juergen Klopp

248
Pesona Indonesia
Wolfgang Frank & Juergen Klopp. (foto: t-online)
Wolfgang Frank & Juergen Klopp. (foto: t-online)

batampos.co.id – Manajer Liverpool, Juergen Klopp, mengungkapkan sosok pelatih yang paling berpengaruh dalam kariernya.

Sosok tersebut adalah mantan pelatihnya di Mainz, Wolfgang Frank. Klopp dan Frank pernah bekerja sama saat Klopp masih menjadi pemain di Mainz.

Sepanjang karier sepak bolanya, Klopp hanya bermain untuk Mainz. Klopp mengatakan bahwa Wolfgang Frank adalah pelatih yang membawa sistem 4-4-2 ke Mainz yang menurutnya sangat cocok dan telah berjasa besar dengan apa yang terjadi di Mainz pada saat ini.

Satu hal yang menurut Klopp sangat penting yang ia pelajari dari Wolfgang Frank yaitu saat ia menyadari bahwa tidak ada satu pemain yang lebih baik dari sebuah tim.

“Namanya Wolfgang Frank dan sayangnya ia telah meninggal dunia. Ia mengenalkan 4-4-2 di Mainz yang membuat kami menjadi tim yang lebih baik pada saat ini. Nyatanya, Mainz sebelumnya adalah tim yang biasa-biasa saja, tidak ada yang tertarik dengan klub. Namun saat ini kami belajar bahwa itu tidak penting, jika satu pemain lebih baik daripada kami, maka kami masih bisa mengalahkan mereka. Itu seolah membuka mata kami.” tutur Klopp.

Ketika Klopp memulai karir sebagai manajer, ia menggunakan banyak hal yang telah ia pelajari selama bekerja sama dengan Wolfgang Frank di Mainz. Klopp menyebut, Wolfgang Frank sebaggai teladan yang sempurna

“Ketika saya menjadi manajer, beberapa tahun kemudian, saya menggunakan banyak hal yang saya pelajari dari dia. Dia adalah sosok teladan yang sempurna,” imbuhnya.

Wolfgang Frank menangani Mainz pada tahun 1997-98 dan tahun 2000. Pelatih berpengalaman asal Jerman tersebut meninggal dunia pada tahun 2013 di umur 62 tahun. (gbl/sam)

Respon Anda?

komentar