David Beckham akan Plesiran ke Pulau Bawah Anambas, Kepri

18014
Pesona Indonesia
Pemandangan Pulau Bawah, Anambas, Kepri
Pemandangan Pulau Bawah, Anambas, Kepri

batampos.co.id – Keindahan dan panorama Pulau Bawah, Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kian mendunia. Bahkan pesona pulau ini mampu memikat bintang sepak bola dunia, David Beckham, untuk mengunjunginya.

Sales dan Marketing Communication Director Pulau Bawah, Bala Navaratnam, membenarkan rencana kunjungan Beckham tersebut. Meski tak menyebutkan waktunya, Bala memastikan Beckham akan membawa serta istrinya, Victoria.

“Kami sudah melakukan berbagai langkah promosi ke sejumlah negara-negara. Baik di Asia maupun Eropa, kabar baiknya bintang sepakbola dunia, David Beckham tertarik untuk datang ke Pulau Bawah nanti,” ujar Bala saat ditemui di Tanjungpinang, Senin (26/9) malam.

Bala menjelaskan, pihaknya memang gencar mempromosikan pesona wisata pulau Anambas ke luar negeri. Pihaknya juga menggelar soft launching Pulau Bawah bertepatan dengan pembukaan F1 di Singapura, beberapa waktu lalu.

Kata Bala, acara tersebut dihadiri oleh mantan pemain Manchester United, Rio Ferdinand. Menurut dia, saat ini sejumlah pengunjung di acara tersebut, termasuk Rio, menyatakan kekagumannya dengan pesona Pulau Bawah.

Terkait rencana kunjungan Beckham ke Pulau Bawah nanti, Bala mengatakan pihaknya sudah menyiapkan segala sesuatunya. Termasuk resort yang dirancang dengan menjaga privasi dan eksklusivitas pengunjungnya.

“Kami menyediakan resort untuk 70 pengunjung. Karena memang dibatasi, tidak boleh lebih dari jumlah tersebut,” kata Bala.

Masih kata Bala, Pulau Bawah menawarkan pesona wisata bahari yang dikemas dengan konsep natural. Di gugusan Pulau Bawah ini terdapat 13 pantai berpasir putih yang siap memanjakan siapa saja yang akan datang ke sana.
Bagi yang gemar snorkling tidak perlu jauh-jauh dari bibir pantai. Mereka cukup terjun dari jeti yang sengaja dibangun menjorok ke laut.

“Memang konsepnya back to nature, sehingga siapa saja yang datang berlibur ke Pulau Bawah akan merasakan kenyamanan yang berbeda,” ungkap Bala.

Ditambahkannya, adanya kemudahan regulasi terkait masuknya kapal yacht ke Indonesia, memang membawa manfaat yang luar biasa. Pasalnya, meskipun selama ini kapal-kapal yacht asing masuk melalui Nongsa Point Marina (NPM), Batam, tapi tak sedikit yacht tersebut yang sudah menjelajah hingga ke Pulau Bawah.

“Ke depan kita juga merancang sea plane di Pulau Bawah, Anambas. Sehingga memudahkan masuknya turis-turis asing ke Pulau Bawah,” sebut Bala.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntur Sakti mengatakan Natuna, Anambas dan Lingga merupakan playground yacht yang sangat seksi. Bahkan menurut Guntur, lagon-lagon yang ada di Pulau Bawah, Anambas merupakan yang terbaik kedua di dunia. Sehingga wajar, apabila Kepri berambisi untuk merebut predikat sebagai pintu gerbang wisata bahari Indonesia.

Disinggung mengenai pengembangan Pulau Bawah yang berkonsep private island, Guntur menjelaskan hal itu demi menjaga kelestarian alam di pulau tersebut. Termasuk alam bawah lautnya.

Kata dia, pulau tersebut memang dikelola dan dikembangkan oleh investor asing. Namun soal kepemilikan, tetap menjadi milik pemerintah Indonesia.

“Karena ini private island, kunjungan ke sana dibatasi. Karena ini bukan ruang terbuka publik yang bebas untuk umum,” katanya.

Ditanya soal rencana kunjungan Beckham ke Pulau Bawah, Guntur mengaku ini sebagai momen yang baik untuk mempromosikan potensi wisata bahari Kepri ke kancah dunia.

“Tentunya ini semangat bagi bangkitnya pariwisata Kepri. Apalagi jika benar akan datangnya bintang sepakbola dunia, David Beckham, tentu itu akan mengangkat nama pariwisata Kepri ke dunia internasional,” ujar Guntur.

Berdayakan Warga Lokal

Mulai beroperasinya wahana wisata di Pulau Bawah tentu membuka lapangan pekerjaan baru. Bala berjanji akan banyak memberdayakan warga setempat untuk mengisi lowongan pekerjaan yang tersedia.

“Kehadiran kami tentunya juga harus memberikan manfaat bagi penduduk tempatan. Untuk rekrutmen waktunya akan kami pastikan nanti lewat surat kabar tentunya,” ujar Bala.

Anggota Tim Percepatan Pariwisaa Bahari Indonesia, Sularso, mengatakan bangkitnya pariwisata bahari di Anambas akan memberikan konstribusi bagi meningkatkan perkembangan Kabupaten Natuna sebagai kabupaten induk sebelum Anambas memisahkan diri. Menurutnya perlu dibangun entri dan exit point yang baru untuk wilayah Kepri.

“Memang ini yang perlu didorong, karena jujur untuk mengandalkan pariwisata di Natuna sulit. Kepri diuntungkan karena punya potensi bahari yang menjanjikan. Karena Singapura hubnya dunia, tetapi tidak memiliki potensi seperti Kepri,” ujarĀ  Sularso.

Dari kacamata pariwisata, Natuna memang merupakan daerah strategis untuk ketahanan dan keamanan. Hanya saja, sektor pariwisata kurang mendukung itu, tentu harus ditopang dengan daerah sekeliling. Tentunya daerah terdekat adalah Anambas. Ini akan menjadi simbiosis mutualisme antarkedua daerah.

“Untuk menjadikan Kepri sebagai Pintu Gerbang Wisata Bahari Indonesia, memang perlu kerja keras dan kerja cerdas. Kepri beruntung karena dianugerahkan potensi bahari yang sangat menjanjikan,” paparnya. (jpg)

Respon Anda?

komentar