Empat Calon Bertarung di Pilgub Babel

768
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Prediksi Pigub Babel bakal diikuti empat pasangan calon akhirnya terbukti, setelah pasangan Hidayat Arsani dan Sukirman mendaftar pada hari terakhir, Sabtu (25/9).

“Kita sudah terima empat pasang calon yang mendaftar ke KPU. Dan kita akan lanjutkan dengan pemeriksaan berkas penmdaftaran,” kata Ketua KPU Fahrurozi seperti diberitakan Babel Pos (Jawa Pos Group), hari ini (26/9).

Adapun keempat pasangan calon tersebut adalah yang pertama petahana gubernur Rustam Effendi menggandeng Muhammad Irwansyah Wali Kota Pangkalpinang saat ini. Pasangan ini didukung PDI Perjuangan.

Kemudian pasangan kedua adalah adik kandung dari Yusril Ihza Mahendra yakni Yusron Ihza yang berpasangan dengan mantan Bupati Bangka Yusroni Yazid. Keduanya diusung PPP, Demokrat, dan PBB.

Untuk pasangan ketiga adalah Erzaldi Rosman Erzaldi Rosman – Fatah. Erzaldi merupakan Bupati Bangka Tengah saat ini dan Ketua DPD Gerindra Babel. Keduanya diusung Partai Gerindra, Nasdem, dan PKB.

Dan pasangan terakhir adalah Hidayat Arsani dan Sukirman yang diusung oleh Partai Golkar, PKS, Hanura dan PAN. Hidayata Arsani merupakan Wakil gubernur saat ini dan Ketua DPD I PArtai Golkar Babel.

Sementara Wakilnya merupakan politisi dari PKS dan mantan Wakil Bupati Bangka Barat. Keduanya juga pernag maju dalam Pilkada berbeda dan gagal. Hidayat pernah maju sebagai calon Walikota di tahun 2013, dan Sukirman pernah maju di Pilkada Babar tahun 2015 lalu.

Tiga sari empat pasangan tersebut, masing masing terdiri dari Bangka dan Belitung atau sebaliknya. Hanya pasangan Hidayat Arsani dan Sukirman yang sama-sama berasal dari Bangka.

Calon gubernur Rustam Efendi berasal dari Beitung, sementara wakilnya Irwansyah berasal dari Bangka. Calon gubernur Yusron berasal dari Belitung sementara wakilnya berasal dari Bangka. Calon gubernur Erzaldi Rosman berasl dari Bangka, sementara wakilnya Fatah dari Belitung.

Jika melihat dari jumlah pengusung, hanya PDIP yang pede tanpa koalisi. Sementara cagub dan cawagub lainnya diusung oleh dua hingga empat partai.

Pemeriksaan KPU sendiri dilakukan terhadap berkas pencalonan dan berkas calon. KPU sendiri mengaku akan berbuat maksimal dan independen dalam penerimaan pendaftaran dan pemeriksaan berkas. “Kita tidak ada intervensi. Kita Independen,”pungkas Farrurrozi.(jpg)

Respon Anda?

komentar