Perekaman E-KTP Diperpanjang

2284
Pesona Indonesia
Rekam-E-KTP_Dalil-Harahap-640x427
Perekaman e-KTP

batampos.co.id – Kendati Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo sudah memastikan bakal memperpanjang tenggat perekaman data Kartu Tanda Penduduk elektronik (E-KTP) hingga pertengahan 2017 mendatang, masyarakat tetap diimbau segera melakukan perekaman data. Terlebih kini di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tanjungpinang proses perekaman dan pencetakan E-KTP sudah bisa kembali dilanjutkan.

“Tintanya sudah datang kok. Petugas kami sudah bisa melanjutkan kembali perekaman data dan pencetakan E-KTP,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tanjungpinang, Eka Hanasarianto, kemarin.

Setidaknya ketiadaan tinta cetak beberapa waktu lalu telah membuat 4.451 E-KTP yang terhenti proses cetaknya. Disdukcapil Tanjungpinang hanya bisa menunggu pengiriman tinta dari pemerintah provinsi. Pasalnya, pengadaan tinta cetak E-KTP ada di ranah pemerintah provinsi.

Sementara hingga Juni 2016 kemarin, Disdukcapil Tanjungpinang mencatat setidaknya masih ada 45.528 warga Tanjungpinang yang belum melakukan perekaman data kependudukan. Sebelum jatuh tenggat, Eka optimistis seluruh warga Tanjungpinang sudah mengantongi E-KTP. “Ya kalau tidak ada kendala teknis, kami optimistis bisa selesai,” ujar Eka.

Terpisah, Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah juga tak kalah mengimbau warganya untuk proaktif merekam data kependudukannya agar masuk dalam sistem E-KTP. Menurut Lis, partisipasi masyarakat pada program semacam ini berpengaruh besar pada ketuntasan target seratus persen E-KTP di Tanjungpinang.

Sebab itu, Lis tak bosan-bosan mengimbau kepada Disdukcapil Tanjungpinang agar tidak menunggu orang datang ke kantor untuk melakukan proses perekaman data. “Kan sekarang bisa juga dengan jemput bola. Datang ke kelurahan-kelurahan. Lihat masih seberapa banyak yang belum rekam. Kemudian bersama lurah bisa mendatangi warga yang bersangkutan,” ungkapnya. (muf/bpos)

Respon Anda?

komentar