Pilkades Serentak di 29 Desa, Calon Kades Bisa Berusia 60 Tahun ke Atas

357
Pesona Indonesia
Pilkades serentak.
Pilkades serentak.

batampos.co.id – Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Kelembagaan BPMD Pemkab Natuna, Mohd Fadhly Azzuhry mengatakan, pemilihan kepela desa serentak sudah ditetapkan pada 27 November mendatang.

“Bulan November mendatang ada di 29 desa laksanakan pilkades serentak. Tahapannya sudah dimulai sekarang,” kata Fadhly, Selasa (27/9).

Pilkades serentak tahun ini, kata Fadhly, tahapannya hampir sama seperti pelaksanaan pemilu umum. Mulai dari persiapan, pendaftaran, pencalonan, pemungutan suara, penetapan pemenang dan pelantikan.

“Sekarang sudah mulai tahapan pendaftaran pemilih masing-masing desa. Nantinya ada pemilih sementara, pemilih tetap dan pemilih tambahan,” sebut Fadhly.

Dikatakan Fadhly, pilkades serentak bulan November mendatang, juga sudah diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 4 tahun 2016 dan Peraturan Bupati Nomor 42 tahun 2016, yang mengacu pada Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 dan Permendagri Nomor 112 tahun 2014.

Dalam perda, katanya, pilkades serentak diikuti minimal 2 calon kades dan maksimal 5 calon kades. Jika kurang atau hanya satu calon, maka pemilunya batal. Sementara terdapat lebih dari lima calon, maka Bupati dapat membentuk tim seleksi, agar hanya tersisa 5 calon.

Pilkades serentak ini, sambungnya, tidak membatasi calon seperti pilkades sebelumnya. Karena tidak hanya mesti berdomisili di desa terkait. Namun cukup ber KTP Natuna, sudah bisa ikut pencalonan, minimal usia 25 tahun.

“Usia kades juga boleh lebih dari 60 tahun, tapi wajib mengikuti pendidikan,” jelas Fadhly.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar