Tiang Listrik Keropos Membahayakan, PLN Segera Ganti

1218
Pesona Indonesia
PLN sudah perbaiki tiang listrik yang keropos. foto:syahid/batampos
PLN sudah perbaiki tiang listrik yang keropos. foto:syahid/batampos

batampos.co.id – Sejumlah tiang listrik yang ada di Tarempa dan sekitarnya sudah keropos di bagian bawahnya. Keadaan ini membuat sejumlah warga khawatir karena sewaktu-waktu akan tumbang.

Salah seorang warga Tarempa, Hadi, mengatakan keroposnya tiang listrik itu dikarenakan sudah tuanya umur tiang yang sudah memakan waktu bertahun-tahun. “Memang usia tiang itu sudah lama, jadi banyak yang keropos. Takutnya tiang itu tumbang jika tidak segera diperbaiki,” ungkapnya kepada wartawan, Senin (26/9).

Menurutnya jika tiang itu tumbang, maka akan dikhawatirkan memakan korban karena tiang itu dialiri arus listrik bertegangan tinggi. “Tiangnya sudah banyak yang keropos, kadang ada yang miring,” ungkapnya dengan sedikit ngeri.

Mengatasi hal ini pihak PLN segera melakukan upaya perbaikan mulai dari penggantian tiang, pengecatan bahkan pengecoran tiang. Menurut Koordinator Subrayon PLN Tarempa Dedy Irawan, mengakui bahwasanya selama dilakukan pengecekan ada sekitar belasan tiang yang sudah rusak. Namun yang paling parah ada sekitar 10 tiang.

Namun pihaknya saat ini sedang mengupayakan agar tiang-tiang yang sudah rusak tersebut segera diganti karena sudah tidak bisa diperbaiki lagi. “Kita akan ganti tiang itu,” ungkap Dedy kepada wartawan Senin (26/9)

Kata Dedy, untuk tiang-tiang lainnya hanya mengalami kerusakan ringan hingga sedang. Sehingga tidak perlu diganti tapi hanya dilakukan pemeliharaan seperti diperkuat dengan cor maupun dilas kembali.

“Jika rusaknya ringan, kita akan perbaiki dengan las, ada juga yang kita perkuat dengan membungkus tiang dengan beton, tergantung kerusakannya,” ungkapnya lagi.

Diakuinya untuk pemeliharaan lain seperti pengecatan tiang, belum bisa dilakukan karena pihaknya baru mengajukan kepada atasan. Jika disetujui, maka baru bisa dilakukan pengecatan. (sya/bpos)

Respon Anda?

komentar