Peder, Aplikasi Mobile untuk Pemilik Hewan Peliharaan

636
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Tiga mahasiswa Teknik Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (Filkom UB), Haedy Pamungkas (19), Novia Ulfa (20) dan Rafi Fajar Hidayat (19), sukses membuat alat otomatis pemberi makan hewan peliharaan.

Karya mereka ini tentu memudahkan bagi para pecinta hewan yang sibuk. Ketiganya menciptakan alat yang mereka namakan Pet Feeder (Peder) ini. Sebuah smart device untuk memberi makan hewan peliharaan secara otomatis.

Bisa melalui setting-an waktu maupun digerakkan oleh aplikasi Peder yang bisa diunduh di Play Store. Peder terdiri dari hardware berupa tempat makan hewan, memiliki tinggi dan lebar setengah meter. Di mana di dalamnya bisa diisi makanan hewan yang telah terprogram secara otomatis mengeluarkan makanan di saat yang dibutuhkan.

Saat hewan peliharaan mendekat dengan jarak 10 sentimeter, lalu bersuara sebanyak tiga kali, maka alat tersebut otomatis mengeluarkan makanan. Itu menandakan hewan tersebut lapar. Sebab, Peder bekerja dengan sensor jarak dan suara. Sayangnya, Peder baru bisa digunakan oleh hewan bersuara, seperti kucing dan anjing.

Selain itu, Peder juga bisa mengetahui kondisi kesehatan hewan peliharaan. Lewat kalung khusus dengan sensor suhu tubuh di dalamnya. Tinggal lihat aplikasi di handphone. (jpg)

Respon Anda?

komentar