Untuk Penyelenggaraan Pilkades, Setiap Desa Dibantu Rp 10 Juta

411
Pesona Indonesia
Pilkades serentak.
Pilkades serentak.

batampos.co.id– Untuk penyelenggaraan pilkades serentak yang dijadwalkan bulan November mendatang, pemerintah daerah mengelontorkan anggaran ratusan juta.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Kelembagaan Badan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan (BPMPD) Pemkab Natuna Fadhly Azzuhry mengatakan, setiap desa dibantu sebesar Rp 10 juta untuk melaksanakan pilkades.

“Setiap desa sudah dianggarkan sebesar Rp 10 juta, untuk menyelenggarakan pilkades,” kata Fadhly kemarin.

Namun anggaran yang dialokasikan, kata Fadhly, diakui sejumlah desa masih kekurangan. Karena menyesuaikan tahapan yang perlu dilaksanakan.

Sehingga pemerintah daerah membolehkan pemerintah desa menggunakan dana desa untuk membantu kelancaran pilkades. Namun tambahan dana desa, hanya boleh digunakan pada hari pemungutan suara.

“Memang anggaran Rp 10 juta, diakui sejumlah Kades kurang. Sehingga dana desa boleh membantu terselenggaranya pilkades. Tapi untuk kebutuhan pada hari pemungutan suara,” ujar Fadhly.

Dijelaskan Fadhly, anggaran yang dibantu pemerintah daerah, peruntukkannya seperti cetak surat suara, honor panitia pemilih dan lainnya.

“Jika anggaran sebesar Rp 10 juta masih kurang, BPMPD akan mengusulkan penambahan lagi sebesar Rp 5 juta untuk pilkades,” ujar Fadhly.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar