TNI Gelar Baksos Kesehatan di Bintan

363
Pesona Indonesia
Wakdan Lantamal IV Tanjungpinang, Kolonel Laut (P) Dwika Tjahja Setiawan dan Wabup Bintan, Dalmasri Syam sedang menyaksikan proses sunatan masal yang dilakukan TNI dalam rangka HUT Ke 71 di Desa Batu Licin, Kelurahan Gunung lengkuas, Kecamatan Bintan Timur, Selasa (28/9). Foto: Humas Pemkab Bintan.
Wakdan Lantamal IV Tanjungpinang, Kolonel Laut (P) Dwika Tjahja Setiawan dan Wabup Bintan, Dalmasri Syam sedang menyaksikan proses sunatan masal yang dilakukan TNI dalam rangka HUT Ke 71 di Desa Batu Licin, Kelurahan Gunung lengkuas, Kecamatan Bintan Timur, Selasa (28/9). Foto: Humas Pemkab Bintan.

batampos.co.id – Sempena peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71, Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar bakti sosial (baksos) kesehatan di Desa Batu Licin, Kelurahan Gunung Lengkuas, Kecamatan Bintan Timur, Selasa (28/9). Baksos kesehatan yang ditaja yaitu sunatan masal dan pengobatan gratis untuk masyarakat yang ada di sekitaran Desa Batu Licin tersebut.

Acara ini juga dihadiri Wakil Komandan (Wakdan) Lantamal IV Tanjungpinang, Kolonel Laut (P) Dwika Tjahja Setiawan, Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam, Camat Bintan Timur, Rusli, Lurah Gunung Lengkuas, Ivan Golar Riady serta perangkat RT/RW dan masyarakat Desa Batu Licin.

Wakdan Lantamal IV Tanjungpinang, Kolonel Laut (P) Dwika Tjahja Setiawan mengatakan dalam rangka memperingati HUT ke-71 TNI, kesatuannya menggelar baksos kesehatan. Itu meliputi kegiatan sunatan masal untuk 50 pasien yang terdiri dari anak-anak, kesehatan umum untuk 300 pasien dari masyarakat umum serta kesehatan gigi untuk 120 pasien dari masyarakat umum juga.

“Itu semua rangkaian kegiatan yang kami laksanakan dalam rangka merayakan HUT ke-71 TNI,” katanya.

Kegiatan baksos itu merupakan penjabaran lanjutan dari komitmen TNI yang senantiasa memelihara dan memantapkan kemanunggalan TNI. Bahkan juga sekaligus membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakatnya.

Salah satu komitmen tersebut, kata dia, diaktualisasikan dalam bentuk pemberian kesehatan langsung secara gratis. Khususnya untuk masyarakat di wilayah pesisir seperti di Desa Batu Licin, Kelurahan Gunung Lengkuas, Kecamatan Bintan Timur ini.

“TNI bertekad akan terus melaksanakan baksos di setiap daerah-daerah. Seperti halnya yang dapat dirasakan masyarakat Desa Batu Licin ini,” akunya.

Baksos itu, sambungnya, juga termasuk kedalam program TNI dilini sektor pembinaan wilayah khususnya perbatasan. Dengan lini inilah TNI dapat berperan langsung untuk memelihara dan membina potensi-potensi di wilayah perbatasan tersebut.

“Pembinaan wilayah perbatasan merupakan tanggung jawab kita semua. Jadi kita wajib menciptakan suasana yang kondusif di wilayah tersebut guna mendukung pembangunan nasional,” tambahnya.

Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah melaksanakan kegiatan baksos kesehatan di wilayah yang dipimpinnya. Kegiatan ini menjadi suatu kehormatan bagi Pemkab Bintan, sebab perayaan HUT Ke 71 TNI ini sangat membantu masyarakat Bintan dalam mendapatkan pengobatan maupun khitanan gratis.

“Kegiatan sosial kesehatan langsung seperti ini sangat dibutuhkan masyarakat, terutama yang berada di daerah pesisir,” katanya.

Mantan Ketua DPRD Bintan Periode 2004-2009 itu berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan oleh kesatuan-kesatuan maupun perusahaan-perusahaan di Bintan. Karena dengan cara inilah kepedulian antara sesama bisa diwujudkan.

“Semoga kegiatan seperti ini terus berjalan di wilayah Kabupaten Bintan,” pungkasnya. (ary/bpos)

Respon Anda?

komentar