6 Desa Disiapkan Jadi Lokasi Percetakan Sawah di Lingga

500
Pesona Indonesia
Menteri Pertanian Andi Amran saat turun menyemai padi di persawahan Lingga. Foto: hasbi/batampos
Menteri Pertanian Andi Amran saat turun menyemai padi di persawahan Lingga. Foto: hasbi/batampos

batampos.co.id – Menunjang rencana percetakan sawah 2.000 hektare, Pemerintah Kabupaten Lingga mengalokasikan 6 desa sebagai lokasi sawah baru. Masing-masing satu desa di Kecamatan Lingga Timur, tiga desa di Kecamatan Lingga dan dua desa di Kecamatan Singkep Selatan. Hal tersebut disampaikan langsung Kadistanhut Lingga, Rusli Ismail.

Dari rencana awal 2.000 hektare yang harus selesai akhir tahun 2016 ini, kata Rusli, pihaknya baru bisa menyelesaikan 1.400 hektar lahan. Hal tersebut juga telah disampaikan kepada Kementan.

“Total 1.400 hektare lahan yang sudah memiliki SID untuk sawah tahap awal. Nanti tersebar di 6 desa,” kata Rusli.

Penyebaran program ketahanan pangan Kepri di Lingga tersebut akan dilaksanakan di Desa Bukit Langkap, Kecamatan Lingga Timur, seluas 395 hektare. Di Kecamatan Lingga, terdapat tiga desa yakni Panggak Darat dengan luas 136 hektare, Panggak Laut 154 hektare dan Desa Nerekeh 91 hektare.

Sementara di Pulau Singkep, Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan seluas 478 hektare dan Desa Resang seluas 254 hektare.

“Kalau dari permintaan Mentan, tahap awal ini kita bisa mencetak hingga 2.000 hektare. Tapi terkendala luas lahan yang belum di SID,” papar Rusli.

Namun untuk program lanjutan pada tahun 2017, Rusli mengatakan Pemkab Lingga optimis dapat menyelesaikan 2.000 hektare SID sesuai program Kementerian Pertanian RI.

“Target Mentan untuk Lingga tidak terbatas. Tahun depan akan kita maksimalkan. Sejauh ini kami cukup optimis program kedaulatan pangan ini berhasil di Kabupaten Lingga,” pungkasnya. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar