Avtur Tumpah di Pantai Ranai, Ancam Biota Laut

373
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Pantai di Ranai kini tercemar minyak avtur yang tumpah. Avtur yang tumpah itu mengancam biota laut dan dampak lingkungan. Baunya menyengat hingga tercium ke jalan raya.

Terkait pencemaran sekitar pantai ini Badan Lingkungan Hidup (BLH) Natuna meminta pihak Pertamina melakukan tindakan cepat.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran, Kerusakan dan Pengolahan Limbah BLH Pemkab Natuna, Ramdani mengatakan, pihaknya sudah melakukan peninjauan lokasi tumpahnya avtur. Dikatakannya, tumpahnya avtur berasal pipa avtur yang bocor saat suplai dari tanker ke tanki penyimpanan.

“Kami menerima laporan warga, air laut sekitar pantai tercemar dan baunya menyengat. Ternyata ada avtur tumpah,” kata Ramdani, Kamis (29/9).

Kepala Bidang Penaatan Hukum Lingkungan BLH, Zulfikar menambahkan, pihaknya sudah menemui pihak terkait agar melakukan penanganan minyak tumpah.

“Sementara tidak ada unsur kesengajaan, murni kecelakaan kerja. Mereka menyadari usia pipa sudah tua,” ujar Zulfikar.

Dikatakan Zulfikar, kebocoran disebabkan meningkatnya kebutuhan avtur. Sementara kondisi pipa sudah tua, sehingga terjadi kebocoran. Namun saat ini pihak pertamina sudah memperbaiki kebocoran pipa.

“Avtur tumpah memang menyengat sampai ke jalan raya. Dan tentu dampaknya pada biota laut terancam,” ujar Zulfikar.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar