CPNS Jalur Umum Dibuka Oktober 2016

1329
Pesona Indonesia
Suasana tes CPNS. Foto: istimewa
Suasana tes CPNS. Foto: istimewa

batampos.co.id – Harapan masih ada bagi lulusan sarjana yang  berminat masuk pengawai negeri sipil (PNS). Rencananya rekrutmen CPNS jalur umum dibuka Oktober 2016, meski dengan kuota terbatas.

“Memang ada rekrutmen, tapi kuotanya berapa saya belum tahu karena harus menunggu persetujuan presiden dan wakil presiden,” kata Menteri Pendaya‎gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur dalam media gathering KemenPAN-RB, Kamis (29/9/2016).

Dia menyebutkan, pengadaan pegawai baru disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing instansi.‎ Selain itu diperhitungkan dengan jumlah pensiun PNS.

“Setiap hari ada PNS yang meninggal, pensiun. Kalau setahun jumlah pensiunnya sekira 100 ribu orang. Nah, itu kami kalkulasikan dan dihitung betul berapa sebenaranya kebutuhan instansi. Jumlah kebutuhan PNS sudah kami usulkan, tapi saya belum bisa pastikan sebelum ada persetujuan presiden/wapres,” paparnya.

Saat ini jumlah PNS di Indonesia 4,5 juta orang. Sedangkan jumlah pensiun per tahunnya 100 ribu sampai 125 ribu orang.

Perekrutan CPNS, kata Asman, juga terkait dengan anggaran. Ia mengaku sudah menyisir 500 kabupaten/kota dengan melihat belanja pegawai.

Dari hasil penyisiran tersebut, sebanyak 224 kab/kota belanja APBD-nya di atas 50 persen.

“Idealnya belanja pegawainya di bawah 50 persen.‎ Karena banyak yang di atas 50 persen, harusnya tidak diberi formasi. Namun, karena di antara daerah tersebut ada yang ditempatkan bidan PTT, guru garis depan, penyuluh pertanian, penegak hukum, akhirnya sebagian diberi formasi,” kata Asman.

Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmadja menambahkan, bidan PTT, guru garis depan, penegak hukum, dan penyuluh akan ditempatkan di 433 daerah.

“Jadi bukan hanya pusat, daerah juga mendapatkan formasi CPNS. Cuma jumlahnya masih belum dipastikan sekarang, tunggu pekan depan lah,” ucapnya. (esy/jpnn)

Respon Anda?

komentar