Paspor Ditolak Gara-gara Berfoto sambil Tersenyum

509
Pesona Indonesia

senyumSeorang pria, sebut saja Thierry, 40, harus mengalami nasib apes karena perkara senyum. Gara-gara berpose dengan senyum nyicil, paspornya ditolak pemerintah Prancis.

”Masak karena Prancis dalam kondisi depresi, penduduknya disulitkan pemerintah hanya gara-gara senyum?” tulis dia dalam surat yang dilayangkan ke kejaksaan.

Mengutip peraturan mengenai persyaratan foto paspor tahun 2010, memasang ekspresi bahagia (apalagi alay) memang dilarang.

”Subjek harus menatap ke lensa kamera. Dia harus berekspresi natural dengan bibir mengatup,” ungkap perwakilan kejaksaan.

Namun, Romain Boulet, pengacara Thierry, menyatakan bahwa kliennya tidak bersalah. Menurut dia, yang salah ya peraturannya.

”Tidak ada peraturan tertulis tentang larangan tersenyum dalam foto,” tegas Boulet.

Dia bahkan menyeret-nyeret lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci. Dia bersikukuh bahwa pose yang ditunjukkan Thierry amat mirip dengan senyum Mona Lisa.

”Wajahnya tetap datar, mulutnya tetap mingkem meski tersenyum. Bibirnya hanya terangkat sedikit sekali,” imbuhnya.

Namun, senyum tipis Thierry beda di mata pemerintah Prancis. Mengutip Le Parisien, senyum pria apes itu digambarkan sebagai ekspresi nyengir menahan sakit, mirip senyum diam-diam.

Jadi, masih dianggap tersenyum. Untung, cuma urusan paspor. Kalau di Instagram ada aturan serupa, bayangkan, berapa banyak dedek-dedek lucu yang ditangkap? (AFP/fam/c11/ang/sep/JPG)

Respon Anda?

komentar