TNI AU Unjuk Alutsista Terbaru dan Kekuatan Penuh di Natuna

5096
Pesona Indonesia
Danlanud ranai Kolonel Pnb Nurtantio Affan menyematkan pita latihan kepada personel latihan Keamanan dan Pertahanan Pangkalan di Lanud Ranai. foto:aulia rahman
Danlanud ranai Kolonel Pnb Nurtantio Affan menyematkan pita latihan kepada personel latihan Keamanan dan Pertahanan Pangkalan di Lanud Ranai. foto:aulia rahman

batampos.co.id – Latihan gabungan Angkasa Yudha 2016 di Natuna, TNI AU akan menampilkan alutsista terbaru dan kekuatan penuh. Deru pesawat tempur yang sudah mengudara di langit Natuna menjadi tontonan warga, kemarin.

Komandan Pangkalan Udara (Lanud) Ranai, Kolonel (pnb) Nurtantio Affan mengakui nilai strategis dari latihan ini di Natuna cukup besar.

Beberapa alutsista terkini, kata Danlanud, seperti jet tempur jenis Sukhoi, F-16, rudal dan orlicon akan dicoba dalam latihan di Natuna.

“Kalau alat-alat (orlicon,red) ini untuk sekarang masih sementara dipakai dalam latihan. Tapi sudah dibangun dudukan permanen, suatu saat jika dibutuhkan bisa dipasang,” ujar Affan, Kamis (29/9).

Penempatan peralatan terlihat di kawasan runway dan sudah dibangun dudukan dudukan permanen untuk orlicon atau senjata penembak untuk rudal.

“Natuna adalah pulau terdepan dan ideal menggalang kekuatan pertahanan. Seluruh kekuatan personel dan alutsista dikerahkan,” kata Affan, saat meninjau base latihan di enclave sipil Ranai.

Dikatakan Danlanud, Presiden nantinya akan menyaksikan latihan udara dari enclave sipil Bandara Ranai. Latihan ini dipastikan dihadiri Panglima TNI, Kepala Staff TNI Angkatan Udara dan pejabat tinggi TNI AU lainnya.

“Unsur tempur, pesawat pangkut, helikopter, rudal, radar akan dicoba. Persiapan sejauh ini alhamdulilah lancar,” ujarnya.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar