Wisatawan Korsel yang Diduga Terinfeksi Virus Zika, Ternyata Positif DBD

486
Pesona Indonesia

Nyamuk DBDbatampos.co.id – Wisatawan wanita asal Korea Selatan (Korsel), Sue Hook, 30, yang sempat diduga kuat terinfeksi virus zika oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) hingga dirawat di Ruang Isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjunguban ternyata hanya mengidap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Hasil itu terbukti dari pengujian sample darahnya di Litbang Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

“Jadi turis Korsel itu negatif terinfeksi virus zika. Namun terbukti mengidap DBD, sehingga masih mendapatkan perawatan medis di RSUD Uban,” ujar Pelaksana harian (Plh) Dinkes Bintan, dr Gama AF Esnaini ketika dikonfirmasi, Rabu (28/9).

Sue Hook itu diduga kuat terinfeksi virus zika dikarenakan gejala-gejala demam tingginya serta timbulnya bintik-bintik merah dibagian tubuhnya menyerupai penyakit tersebut. Sehingga turis wanita asal Korsel itu dirawat dan ditangani secara intensif di Ruang Isolasi RSUD Tanjunguban.

“Setelah pulih dari DBD, turis wanita itu boleh keluar dari RSUD dan diizinkan untuk pulang ke negara asalnya,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bintan, Luki Zaiman Prawira meminta kepada tim medis maupun Dinkes Bintan untuk meningkatkan pengawasan dan pencegahan terhadap penyebaran virus zika. Pasalnya, keberadaan virus itu sangat berpengaruh besar dalam angka kunjungan wisatawan mancanegara ke wilayah pariwisata Kabupaten Bintan.

“Kita berharap tim medis bisa bekerja ekstra untuk pengawasan dan pencegahan virus itu. Karena virus itu menjadi penyumbang besar penurunan kunjungan turis ke Bintan,” ungkapnya. (ary/bpos)

Respon Anda?

komentar