APBD-P Lingga Rp 715 Miliar Disahkan

1784
Pesona Indonesia
Bupati Lingga Alias Wello menandatangani RAPBD P 2016 menjadi APBDP 2016 di kantor DPRD Lingga, Jumat (30/9). foto: Hasbi/Batampos
Bupati Lingga Alias Wello menandatangani RAPBD P 2016 menjadi APBDP 2016 di kantor DPRD Lingga, Jumat (30/9). foto: Hasbi/Batampos

batampos.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lingga menggelar rapat persetujuan RAPBD-P Lingga menjadi APBD-P tahun 2016 di kantor DPRD, komplek perkantoran Bandar Sultan Mahmud Riayat Syah. Setelah melalui pembahasan alot, DPRD Lingga sahkan APBD-P Lingga 2016 sebesar Rp 715 Miliar, Jumat (30/9).

Jumlah awal APBD murni Rp 754 miliar, tetapi berkurangf Rp 39 miliar. Sehingga hanya menjadi Rp 715 miliar pada APBD Perubahan Lingga.
Pantauan dilapangan, kegiatan yang dihadiri 19 anggota DPRD tersebut juga dihadir jajaran SKPD dan FKPD Pemkab Lingga, Camat, Lurah dan Kepala Desa.

Juru Bicara Banggar DPRD Lingga, Agus Norman mengatakan sesuai mekanisme harmonisasi dan finalisasi sejak 20 September lalu, Banggar bersama komisi dengan dinas terkait telah jauh hari melakukan pembahasan belanja daerah.

“Kami berharap kerja keras dan cerdas ini, melalui pelaksanaan APBDP dapat meningkatkan kejahteraan masyarakat. Berpihak pada kepentingan masyarakat,” ungkap politikus partai Golkar tersebut.

Agus Norman menambahkan sejumah catatan Banggar diantaranya, dalam pembahasan masih banyak ASN di dinas-dinas terkait yang tidak lengkap. Hal ini perlu menjadi perhatian menyokong program pemerintah daerah dan program Bupati Lingga. Selain itu, keseragaman dokumen SKPD juga perlu ditata kelola dengan baik.

“Keseragaman dokumen anggaran yang merupakan dokumen negara. Sewaktu-waktu akan diperiksa. Dan perlu ditata kelola sedemikian rupa agar ditata lebih baik,” sambungnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua I, Kamarudin Ali memberikan pandangan masih lemahnya singkronisasi data antara tim TAPD dan SKPD terkait. Ia berharap, kedepan persoalan-persoalan administrasi ini dapat terselanggara dengan baik. Begitu juga peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lingga yang hanya Rp 21 Miliar.

Ditempat yang sama, Bupati Lingga Alias Wello menanggapi persoalan lemahnya PAD Lingga. Ia mengatakan akan menggenjot sektor pajak dan juga parkir. “Sesuai dengan arahan DPRD kita akan genjot sektor pajak dan parkir untuk meningkatkan PAD Lingga. Untuk tahun 2017 kami optimis, APBD Lingga akan lebih baik dari sekarang. Minimal mendekati angka Rp 1 triliun,” tutupnya. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar