Harga Cabai Merah Naik Rp 4 Ribu

410
Pesona Indonesia
Harga cabe merah mengalami kenaikan Rp 6 ribu. Semula cabe merah seharga Rp 26 ribu kini menjadi Rp 32 ribu. Foto:Yusnadi/Batam Pos
Harga cabe merah mengalami kenaikan Rp 6 ribu. Semula cabe merah seharga Rp 26 ribu kini menjadi Rp 32 ribu. Foto:Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Awal Oktober ini diawali dengan kenaikan cabai merah. Berdasarkan penuturan Isnaini, pedagang cabai merah di Pasar Baru Tanjungpinang, cabai merah per Sabtu (1/10) pagi ini naik Rp 4 ribu dari harga sebelumnya.

“Mulai besok (hari ini, red) harganya Rp 58 ribu. Kalau beli hari ini masih Rp 52 ribu,” sebut Isnaini, Jumat (30/1).

Isnaini kurang paham bila kenaikan harga cabai merah ini lantaran kenaikan harga bahan bakar minyak jenis solar yang naik sekitar Rp 500 – Rp 600 per liter yang juga terhitung berlaku mulai hari ini. Hanya saja, sepemahamannya, kenaikan harga cabai merah lebih disebabkan tingginya permintaan.

“Sementara stok yang ada di pedagang seperti kami ini sedikit. Jadi kalau permintaannya tinggi dan barangnya sedikit, harga memang cenderung naik,” ungkapnya.

Pedagang perempuan ini juga menuturkan bahwasanya cabai merah yang biasa diedarkan di Tanjungpinang juga sebagian didatangkan dari Surabaya. Ongkos pengiriman ini membuat harga jual kerap melambung tinggi. Isnaini menuturkan, setiap kilogram cabai merah ongkos kirimnya sampai Rp 16 ribu.

Ongkos tinggi itu lantaran pengirimannya, kata dia, menggunakan pesawat dari daerah asal hingga tiba di Batam untuk kemudian dikirimkan ke Tanjungpinang menggunakan kapal laut.

“Terpaksa jalurnya haris begini agar bisa sampai dalam satu hari. Kalau yang lebih murah ongkosnya, kami tak berani. Takut barang sudah layu sampai di sini. Jadi kalau saya pesan subuh ini, besok subuh barangnya sudah ada di Pinang,” ujarnya. (aya/bpos)

Respon Anda?

komentar