Hilang selama 14 tahun, Lukisan Vincent Van Gogh Ditemukan Kembali

1646
Pesona Indonesia
Para kurator dan pihak museum tersenyum lebar bersama dua lukisan Van Gogh yang berhasil ditemukan aparat Italia. Foto: AFP
Para kurator dan pihak museum tersenyum lebar bersama dua lukisan Van Gogh yang berhasil ditemukan aparat Italia. Foto: AFP

batampos.co.id –  Jumat (30/9) Aparat Italia menemukan dua lukisan karya seniman legendaris Belanda Vincent Van Gogh yang hilang dicuri di Amsterdam pada 2002, 14 tahun yang lalu!

Dua masterpiece itu adalah Seascape at Scheveningen (1882) dan Congregation leaving the Reformed Church at Nuenen (1884/1885).

“Lukisan itu ditemukan oleh tim khusus kejaksaan Italia yang menyelidiki organisasi kejahatan sangat terorganisir,” bunyi pernyataan resmi Van Gogh Museum, yang dilansir AFP, Jumat (30/9).

Tim khusus tersebut menggerebek rumah milik bos besar gembong narkoba bernama Raffaele Imperiali.

“Hasil penyelidikan tim memastikan, mereka tertarik dengan karya seni dan menggunakannya sebagai bentuk investasi sekaligus bentuk pendanaan,” kata Menteri Kebudayaan Italia Dario Franceschini.

Setelah penggerebekan, tim meminta para ahli memastikan keaslian dari dua lukisan tersebut.

“Kurator yang dipercaya, memastikan keaslian lukisan,” imbuh Van Gogh Museum.

Lukisan tua itu ditemukan dalam kondisi baik, meski bingkainya sudah dilepaskan.

Dua lukisan Van Gogh ini dicuri dari museum di Amsterdam pada 7 Desember 2002. Dari olah TKP diketahui pencuri menggunakan tangga sederhana serta tali panjang untuk menerobos jendela dan masuk keluar dari museum yang dijaga ketat.

Pencurian itu tidak hanya menghebohkan Amsterdam, namun juga Belanda dan dunia.

Setelah empat lima tahun kasus berlalu tanpa jejak yang jelas, tidak ada yang berani berharap dua lukisan yang masing-masing ditaksir EUR 50 juta (sekitar Rp 731 miliar) itu ditemukan, hingga akhirnya kini kembali ke pihak yang tepat. (adk/jpnn)

Respon Anda?

komentar