Mobil Bioskop Keliling, Nonton Bareng di Sekolah Hinterland

750
Pesona Indonesia
Nonton bareng di SMPN 27 Bintan Satu Atap Gunung Kijang. foto: BPNB Kepri untuk Batam Pos
Nonton bareng di SMPN 27 Bintan Satu Atap Gunung Kijang. foto: BPNB Kepri untuk Batam Pos

batampos.co.id – Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Kepri menggelar nonton film bareng di sekolah-sekolah hinterland atau pelosok melalui program mobil bioskop keliling. Salah satunya di SMPN 27 Bintan Satu Atap Gunung Kijang, Selasa (27/9) kemarin. Pemutaran film disambut antusias para pelajar karena kurangnya sarana hiburan di pelosok.

“Kami senang bisa nonton bareng di sekolah kami. Anak-anak kami perlu pencerahan dan hiburan,” kata Netria, Wakil Kepala SMPN 27 Bintan, Jumat (30/9).

Pieter, salah seorang murid mengaku senang bisa nonton film gratis. Ia mengaku belum pernah menonton bioskop. “Filmnya lucu. Kami senang bisa ketawa-ketawa nonton ramai-ramai,” kata Pieter.

Panitia nonton bareng BPNB Kepri, Dedi Arman menyebutkan, pemutaran film di kampung-kampung dan sekolah sejalan dengan isi program bioskop keliling oleh Kemendikbud RI. Mobil bioskop keliling (bioling) tersebut, lanjut Dedi, digunakan sebagai fasilitas hiburan untuk masyarakat secara gratis. Sasaran utama bioling adalah lokasi atau daerah yang tidak memiliki bioskop atau fasilitas perfilman.

“Kami juga sering putar di sekolah-sekolah. Ke kampung-kampung, kami juga masuk. Di wilayah Bintan, sudah banyak yang kami singgahi,” kata Dedi.

Film yang diputar di SMP 27 Bintan adalah film berjudul Tanah Surga Katanya, diproduseri Gatot Brajamusti yang saat ini sedang terjerat kasus narkoba dan senjata api.

“Banyak pilihan film nasional yang mau diputar. Semuanya disesuaikan dengan kondisi lokasi pemutaran film. Alasan pemilihan film Tanah Surga Katanya disebabkan film itu sangat cocok dengan kondisi daerah yang berada di hinterland,” ungkap Dedi.

Dijelaskan Dedi, film tersebut bercerita tentang kondisi anak-anak di daerah perbatasan. “Rasa nasionalisme orang perbatasan harus terus digugah. Biar mereka lebih mencintai negeri pertiwi ini. Supaya mereka tak tergoda dengan budaya negara tetangga,” ujarnya. BPNB Kepri yang wilayah kerjanya membawahi 4 provinsi, yakni Kepri, Riau, Jambi, dan Babel sudah mengoperasikan mobil bioskop keliling sejak tahun 2014 lalu. Sudah puluhan lokasi pemutaran film dilakukan, yakni di Tanjungpinang, Bintan, dan Batam.

Film yang diputar adalah film-film yang sarat dengan pendidikan karakter. Kemdikbud telah membeli hak tayang film-film tersebut. Ada ratusan judul film yang dikoleksi. Mulai film Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Sang Pencerah, 9 Summers 10 Autums, Rumah Tanpa Jendela, Garuda di Dadaku dan judul-judul film lainnya.

“Bagi masyarakat yang berminat meminjam mobil bioskop keliling, dapat menghubungi BPNB Tanjungpinang. Karena itu kami harapkan kerja sama dari masyarakat untuk mengurus perizinan kegiatan di lokasi. Selain itu, masyarakat juga diharapkan dapat membantu menyediakan bahan bakar solar untuk mengoperasikan mobil bioskop keliling, atau menyediakan energi listrik di lokasi,” pungkasnya. (cca/bpos)

Respon Anda?

komentar