Pemerintah Natuna Bangun Pasar di Batubi Jaya dan Kelarik

1508
Pesona Indonesia
ilustrasi. foto:dok
ilustrasi. foto:dok

batampos.co.id – Pemerintah akan membangun pasar rakyat yang dianggarkan Kementerian Perdagangan, untuk menopang ekonomi masyarakat di Desa.

Kasi Perlindungan Konsumen dan Metrologi Legal Disperindag Pemkab Natuna, Marzuin mengatakan, akan dibangun dua pasar rakyat tahun ini. Masing-masing di Desa Batubi Jaya, Kecamatan Bunguran Batubi, dan Desa Kelarik, Kecamatan Bunguran Utara.

“Dua desa ini belum ada pasar rakyat. Sehingga pemerintah daerah mengusulkan anggaran ke pusat,” kata Marzuin kemarin.

Pembangunan pasar rakyat ini, kata Marzuin, dianggarkan Rp 2 miliar lebih, yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK).

Pembangunan pasar ini, lanjut Marzuin, targetnya bisa mendongkrak perekonomian masyarakat di dua kecamatan tersebut. Apalagi dua kecamatan jauh dari kota Ranai.

“Konsep pasar ini adalah pasar untuk perdagangan komoditi lokal seperti sayur dan ikan. Pasarnya tipe D, beroperasi satu minggu sekali. Tapi kalau pedagang ingin buka setiap hari juga tidak masalah,” jelasnya.

Marzuin menjelaskan, setiap bangunan pasar rakyat memiliki 8 kios serta areal halaman dibagian belakang yang peruntukannya dijadikan lapak pedagang.

“Sebelumnya, pemerintah juga sudah bangun pasar rakyat di Pulau Sedanau, Serasan dan Midai. Tahun ini dibangun di Batubi Jaya dan Kelarik, masyarakat sudah menantikan pasar rakyat dibangun,” ujar Marzuin.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar