Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1438 Hijriah

2022
Pesona Indonesia
ilustrasi: http://simomot.com
ilustrasi: http://simomot.com

batampos.co.id – Hari ini,  umat Islam di seluruh dunia memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1438 Hijriyah, yang bertepatan dengan 2 Oktober 2016.

Tahun baru Islam merupakan sebuah perhitungan tahun bagi umat Islam yang dimulai dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah.

Peristiwa ini tergores dalam tinta sejarah Islam yang hingga saat ini diperingati sebagai pergantian tahun baru Islam.

Peristiwa Hijrah dari Makkah ke Madinah bukan saja mengandung nilai sejarah dan strategi perjuangan, tapi juga mengandung nilai-nilai dan pelajaran berharga bagi perbaikan kehidupan umat secara pribadi dan kejayaan kaum muslim pada umumnya.

Tahun hijriyah mulai diberlakukan pada masa Khalifah Umar bin Khattab. Sistem penanggalan Islam itu tidak mengambil nama ‘Tahun Muhammad’ atau ‘Tahun Umar’. Artinya, tidak mengandung unsur pemujaan seseorang atau penonjolan personifikasi, tidak seperti sistem penanggalan Tahun Masehi yang diambil dari gelar Nabi Isa, Al-Masih (Arab) atau Messiah (Ibrani).

Sistem penanggalan Islam juga tidak seperti sistem penanggalan Bangsa Jepang, Tahun Samura, yang mengandung unsur pemujaan terhadap Amaterasu O Mi Kami (dewa matahari) yang diproklamasikan berlakunya untuk mengabadikan kaisar pertama yang dianggap keturunan Dewa Matahari, yakni Jimmu Tenno (naik tahta tanggal 11 pebruari 660 M yang dijadikan awal perhitungan Tahun Samura). Atau penangalan Tahun Saka bagi suku Jawa yang berasal dari Raja Aji Saka.

Umar menjadikan tahun Hijriyah sebagai jaman baru pengembangan Islam, karena penanggalan itu mengandung makna spiritual dan nilai historis yang amat tinggi harganya bagi agama dan umat Islam.

Selain Umar, orang yang berjasa dalam penanggalan Tahun Hijriyah adalah Ali bin Abi Thalib. Keponakan Rasulullah Saw inilah yang mencetuskan pemikiran agar penanggalan Islam dimulai penghitungannya dari peristiwa hijrah, saat umat Islam meninggalkan Makkah menuju Yatsrib (Madinah).

Hijrah adalah momentum perjalanan menuju Daulah Islamiyah yang membentuk tatanan masyarakat Islam, yang diawali dengan eratnya jalinan solidaritas sesama Muslim (ukhuwah Islamiyah) antara kaum Muhajirin dan kaum Anshar.

Jalinan ukhuwah yang menciptakan integrasi umat Islam yang sangat kokoh itu telah membawa Islam mencapai kejayaan dan mengembangkan sayapnya ke berbagai penjuru bumi. Kaum Muhajirin-Anshar membuktikan, ukhuwah Islamiyah bisa membawa umat Islam jaya dan disegani.

Nah, pada 1 Muharram umat Islam kerap berbagi ucapan Selamat Tahun Baru Islam. Ucapan itu untuk saling mengingatkan, sekaligus memeriahkan peringatan datangnya Tahun Baru Islam.

Berikut 80 ucapan selamat tahun baru Islam 2016 yang paling romantis, seperti dikutip pojoksatu.id (grup batampos.co.id) dari berbagai sumber:

“Sucikan jiwa, bersihkan hati, mari mengucap basmalah untuk menginjak Tahun Baru 1438 Hijriyah. Semoga tahun ini menjadi tahun keberuntungan kita. Aamiin”

“Bulan sabit tiba membelah awan, Bintang-bintang pun tersenyum tuk menyambut datangnya Tahun Baru Islam. Semoga tahun ini kita dipenuhi kebaikan dan keberkahan. Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah”

“Hal yang utama dari tahun baru Hijriah adalah Hijrah atau berpindah dari kegelapan menuju cahaya Islam. Dari kekufuran menuju keimanan. Dan dari maksiat kepada amal shalih. Semoga kita mampu meletakkan hijrah yang sebenar-benarnya dengan move total ke hal yang lebih baik pada tahun baru ini. Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah”

“Bintang-bintang berkedip indah. Menggoda bulan yang masih malu-malu. Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah. Buat engkau yang ada di hatiku”

“Alangkah elok bulan ini, cerah sinari Muharram. Aku berharap di tahun ini, semoga bisa hijrah dari amal salah ke amal soleh. Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah”

“Ke warung beli bawang merah. Sekalian beli bawang putih. Selamat Tahun Baru Hijriah. Untuk engkau pujaan hatiku yang shalih”

“Selamat Tahun Baru 1438 H. Semoga di tahun ini kita diberi kesehatan, umur panjang, rezeki, dan kemudahan dalam hidup. Aamiin”

“Ya Allah, jadikanlah tahun ini adalah tahun yg dipenuhi dengan bunga kebaikan, sehingga harumnya memberi kesejukan ibadah untukku, keluargaku, dan handai tolan. Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah”

“Satu tahun telah kita jalani. Semoga amal kebaikan kita di tahun lalu diterima Allah Subahana Wataala. Selamat Tahun Baru Islam 1438 H”

“Happy Islamic New Year 1438. Semoga kita selalu berada di jalan yang selalu diridhoinya. Aamiin”

“Ke toko beli sajadah. Sekalian beli jilbab dan mukena. Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriah. Semoga lebih mantap iman dan taqwanya”

“Semarak Muharram 1438 H menjadi tanda akan kesuksesan kita di tahun baru ini. Met Tahun Baru Muslim, semuanya”

“Bulan sabit tersenyum ramah. Didampingi Bintang-bintang nan indah. Selamat Tahun Baru Hijriah 1438 H. Semoga tahun ini lebih berkah”

“Wahai Sahabatku, pertebal iman, perbanyak ibadah, mari sambut Tahun Baru 1438 Hijriah dengan tekad menjadi khalifah untuk kebermanfaatan bumi beserta isinya”

“Meskipun tanpa kembang api, meskipun tanpa diwarnai dengan pesta dansa, ku yakin tahun baru Hijriah lebih bermakna dari tahun baru serupa. Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah”

“Kuucapkan untukmu dengan senyum terindah dan hati terdalam. Selamat Tahun Baru Hijriah 1438 H”

“Satu tahun sudah berlalu, entah berapa banyak dosa yang aku tumpuk, atau entah berapa banyak pahala yang aku dapat. Tak bisa kuhitung-hitung karena hanya sang Khalik yang mengetahuinya. Hanya ada satu doa yang aku selalu panjatkan pada-Nya. Ya Rabb, berilah hamba kesempatan dan bimbingan-Mu, untuk bisa menjalani tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, dan berilah hamba tambahan usia yang barokah. Aamiin. Selamat Tahun Baru Islam 1438 H”

“Menunjukkan maksud hatiku. Walau tahun berganti baru, cintaku untukmu tetap seperti dulu. Selamat Tahun Baru Hijriah 1438 H”

“Sahabat. Di hari pertama Muharram ini, ijinkanlah aku memohon maaf atas segala khilafku selama ini. Karena aku ingin kedepannya aku tidak akan pernah berbuat kesalahan lagi. Met Taon Baru Islam 1438 H”

“Dalam sholat lebih banyak pahala. Jika dijalankan secara berjamaah. Kuucapkan dengan hati bahagia. Selamat Tahun Baru Hijriah 1438 H”

“Semoga di Tahun Baru Islam 2016, seluruh umat di dunia diberikan kesehatan, umur panjang, rezki dan kemudahan dalam hidup. Aamiin.. Selamat Tahun Baru Hijriyah 1438”

“Selamat Tahun Baru Hijriyah 1438. Semoga kita bisa hijrah dari syirik menuju tauhid, dari munafik menuju sidiq, dari cinta dunia menuju cinta akherat”

“Semoga di Tahun Baru Islam 2016 kita akan lebih mantap, selalu beriman dan bertaqwa di Tahun Baru Hijriyah 1438 ini, dan tahun yang akan datang”

“Semoga kita semua memperoleh Hijrah kepada kehidupan dan amal yang lebih baik di Tahun Baru Islam 2016 ini”

“Marilah kita sambut Tahun Baru Hijriyah dengan berhijrah dari hal yang penuh kegelapan menuju cayaha Islami, dari sifat kekufuran menuju keimanan. Semoga pada tahun baru Hijriyah 1438 ini, rezekimu bertambah dan panjang umur. Aamiin”

“Membuka hati dapat cinta, membuka tangan dapat persahabatan, membuka mata dapat pemandangan, membuka handphone dapat pesan. Membuka pesan dapat ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1438 Hijriyah”

“Sikap yg baik berasal dari hati yg baik pula. Bersihkan hati, bersihkan dari segala kesalahan dgn bertaubat & melakukan kebaikan di hari kemudian. Selamat Menyambut 1 Muharram 1438 Hijriah”

“Saat malam tiba, itulah saat kita bermimpi indah. Di keesokan hari maka kita akan bertemu kembali, meraih mimpi bersama menggapai cita, dan kembali menjalankan aktivitas. Selamat Tahun Baru Islam 1438 H sahabatku!”

“Pergi ke warung beli bawang merah, Sekalian dibeli bawang putih. Selamat Menyambut Tahun Baru Islam. Untuk engkau pujaan hatiku yang shaleh”

“Selamat Tahun Baru 1438 H. Semoga kita diberikan kesehatan dan umur panjang serta kemudahan dalam hidup. Amin Yaa Rabbal Alamin”

“Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah. Semoga semakin semangat dalam beribadah. Di Tahun Baru Islam ini jadi lebih indah, dengan rizki berlimpah ruah. Dalam aroma yang berkah nan sejuk. Amin Yaa Rabbal Alamin”

“Rembulan datang untuk membelah kelabu, bintang-bintang pun muncul terharu berlalu, menunjukkan maksud hatiku ini. Walau tahun berganti dengan yang baru, cintaku untukmu tetap seperti dulu, Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriah, sayangku”

“Langit yang biru menetes gerimis hujan. Melihatmu semakin teguh beriman, dalam taqwa Kepada Allah Ta’ala. Dengan penuh keikhlasan dan Ketekunan, Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriah Sahabat-Qu”

“Mentari nampak tersenyum cerah, melihat bunga-bunga rela untuk bersedekah, kepada kupu-kupu, kumbang dan juga lebah. Semurni senyummu yang mempesona nan indah, beraroma wangi dan taat ibadah, Selamat Tahun Baru 1438 Hijriah wahai kawan sekalian”

“Bumi terharu jadi basah, mengiringi bersyukur dengan kata Alhamdulillah, Kepada ALLAH Subahanawatala Yang Maha Pemurah, Karena telah menurunkan hujan berkah untuk kami di dunia ini agar giat beribadah. Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriah Wahai Segenap Kaum Muslimin”

“Bulan sabit menghilang mengawali datangnya bulan yang baru, bintang-bintang yang indah tertutup gelapnya awan di malam hari. Ku ucapkan Selamat Tahun Baru Hijriyah, dan semoga tahun ini adalah awal tahun yang di penuhi berkah”

“Amalan yang indah berawal dari hati yang indah, indahkan hati dengan tutur kata yang indah. Bulan Muharram memang penuh dengan berkah. Yuk kita sambut Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah”

“Dunia yang di penuhi fatamorgana, menipu diri dengan keindahan syurga. Waktu berlalu tanpa terasa, kini hadir hari yang kita damba. Selamat Tahun Baru Hijriyah untuk sahabat tercinta”

“Indahnya Bulan Muharram 1438 H, moga menyinari hidup kita untuk selalu hanya beribadah kepada Allah Subahanawataala”

“Bulan sabit datang membelah kelabu, bintang-bintang pun muncul terharu. Selamat Tahun Baru Hijriah 1438 H”

“Matahari menyelinap di balik bukit, sembunyikan kenangan hidup, menyimpan lembaran usang, menyambut hari-hari muda, sebentar lagi kan menjelang. Selamat datang Tahun Baru Hijriah 1438 H, membawa harapan dan perubahan baru”

“Buka hati ada damai, buka mata ada terang, buka kasih ada sukacita. Buka SMS ada ungkapan Happy New Year 1438 H, semoga semua harapan yang tertunda bisa terwujud di tahun 1438 H ini. Aamiin”

“Kuucapkan untukmu dengan senyum terindah. Selamat Tahun Baru Hijriah 1438 H”

“Sucikan jiwa, murnikan hati, mari mengucapkan basmalah untuk pertama kalinya menapaki Tahun Baru 1438 H”

“Satu tahun telah kita jalani. Semoga amalan-amalan kita pada tahun lalu bisa ditingkatkan, dan amalan tercela kita tahun lalu dapat ditinggalkan. Selamat Tahun Baru Hijriah 1438 H”

“Bulan sabit tersenyum ramah, didampingi bintang-bintang nan indah, semoga tahun ini lebih berkah. Selamat Tahun Baru Hijriah 1438 H”

“Amalan yang indah berawal dari hati yang indah. Indahkan hati dengan tutur kata yang indah. Bulan Muharram memang penuh dengan berkah. Yuk kita sambut Tahun Baru Hijriah 1438 H”

“Perbuatan yang ikhlas berasal dari hati yang bersih. Bersihkan hati dengan tutur kata yang lembut, mari kita sambut bulan Muharram yang penuh barokah di tahun 1438 H”

“Selamat memasuki Tahun Baru Hijriah 1438 H. Semoga di tahun baru ini, kita menjadi Muslim-Muslimah sejati, menjadi pembela agama, pembela tanah air dan menjadi khalifah di muka Bumi ini. Aamiin”

“Amalan yang indah berawal dari hati yang indah, indahkan hati dengan tutur kata yang indah. Bulan Muharram memang penuh dengan berkah. Yuk kita sambut Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah”

“Dunia yang di penuhi fatamorgana, menipu diri dengan keindahan syurga. Waktu berlalu tanpa terasa, kini hadir hari yang kita damba. Selamat Tahun Baru Hijriyah untuk sahabat tercinta”

“Indahnya Bulan Muharram 1438 H, moga menyinari hidup kita untuk selalu hanya beribadah kepada Allah Subahanawataala”

“Bulan sabit datang membelah kelabu, bintang-bintang pun muncul terharu. Selamat Tahun Baru Hijriah 1438 H”

“Matahari menyelinap di balik bukit, sembunyikan kenangan hidup, menyimpan lembaran usang, menyambut hari-hari muda, sebentar lagi kan menjelang. Selamat datang Tahun Baru Hijriah 1438 H, membawa harapan dan perubahan baru”

“Buka hati ada damai, buka mata ada terang, buka kasih ada sukacita. Buka SMS ada ungkapan Happy New Year 1438 H, semoga semua harapan yang tertunda bisa terwujud di tahun 1438 H ini. Aamiin”

“Kuucapkan untukmu dengan senyum terindah. Selamat Tahun Baru Hijriah 1438 H”

“Sucikan jiwa, murnikan hati, mari mengucapkan basmalah untuk pertama kalinya menapaki Tahun Baru 1438 H”

“Satu tahun telah kita jalani. Semoga amalan-amalan kita pada tahun lalu bisa ditingkatkan, dan amalan tercela kita tahun lalu dapat ditinggalkan. Selamat Tahun Baru Hijriah 1438 H”

“Bulan sabit tersenyum ramah, didampingi bintang-bintang nan indah, semoga tahun ini lebih berkah. Selamat Tahun Baru Hijriah 1438 H”

“Amalan yang indah berawal dari hati yang indah. Indahkan hati dengan tutur kata yang indah. Bulan Muharram memang penuh dengan berkah. Yuk kita sambut Tahun Baru Hijriah 1438 H”

“Perbuatan yang ikhlas berasal dari hati yang bersih. Bersihkan hati dengan tutur kata yang lembut, mari kita sambut bulan Muharram yang penuh barokah di tahun 1438 H”

“Selamat memasuki Tahun Baru Hijriah 1438 H. Semoga di tahun baru ini, kita menjadi Muslim-Muslimah sejati, menjadi pembela agama, pembela tanah air dan menjadi khalifah di muka Bumi ini. Aamiin”

“Datangnya Tahun Baru Islam ini mari kita sambut dengan kebahagiaan untuk menyongsong hari di masa depan. Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah”

“Semangat hijrah di bulan Muharram ini, mari kita wujudkan di kehidupan yang nyata ini. Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah”

“Tak ada impian yang kuharapkan di saat kedatangan Tahun Baru Islam selain keridhoan dari Allah SWT. Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah”

“Indahnya bulan Muharram 1438 H, moga menyinari hidup kita untuk selalu hanya beribadah kepada Allah SWT. Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah”

“Mentari di ufuk timur kembali nampak dengan terangnya, selalu setia menyinari alam dan kita semua, dihiasi dengan kicauan burung yang begitu merdunya, seraya menyambut kedatangan Tahun Baru Islam”

“Keberhasilan yang tertunda di tahun lalu, semoga bisa diraih ditahun baru. Semua mimpi yang belum jadi kenyataan, semoga terbuka di Tahun Baru Islam”

“Harapan di masa silam seolah tergambarkan, di saat kedatangan Tahun Baru Islam, yang penuh dengan makna kehidupan, untuk menuju hidup di jalan Tuhan. Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah”

“Semoga semangat hidup terbarukan, di saat Tahun Baru Islam kian mejelang. Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah”

“Tak ada impian yang ku harapkan di saat kedatangan Tahun Baru Islam. selain keridhoan dari Tuhan. Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah”

“Di Tahun Baru Islam ini mari kita rapatkan barisan, pererat tali persaudaraan, dan langkahkan kaki di jalan Tuhan. Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah”

“Harapan seakan terang, tujuan hidup pun semakin terbuka jalan, saat kedatanganmu Tahun Baru Islam yang syarat akan makna Islam. Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah”

“Mari kita sambut Tahun Baru Islam dengan semangat hidup penuh keyaqinan. Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah”

“Kedatanganmu kunantikan, dengan sejuta keinginan, dalam mewujudkan impian. Kusimpan sebuah harapan dengan datangya Tahun Baru Islam. Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah”

“Awalnya Tahun Baru Islam adalah awalnya kita semua untuk memperbaiki masa lalu. Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah”

“Tahun Baru Islam menjadi harapan baru untuk lebih bernilai dan bermutu dalam berbuat sesuatu. Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah”

“Datangnya Tahun Baru Islam ini mari kita sambut dengan kebahagiaan untuk menyongsong hari di masa depan. Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah”

“Amalan yang indah berawal dari hati yang indah. Indahkan hati dengan tutur kata yang indah. Bulan Muharram memang penuh dengan berkah. Yuk kita sambut Tahun Baru Hijriyah 1438”

“Serpihan malam bulan separuh, jelang hari baru pertanda tiba. Kembang api membuncah ke angkasa sambut Tahun Muda 1438. Selamat Tahun Baru Islam. Semoga lebih baik dibanding tahun sebelumnya”

“Hari berganti, bulan berganti, tahun pun berganti. Tahun baru harapan baru. Tetap semangat, masa lalu adalah kenangan, hari ini adalah goresan, hari esok adalah harapan. Selamat Tahun Baru Islam, selamat tinggal kenangan, selamat datang harapan. 1 Muharram 1438 H”

“Hay kawan-kawanku semuanya! Selamat Tahun Baru Hijriyah, yah! Semoga kalian semua di tahun yang baru ini bisa menjadi pribadi yang lebih baik, dan bisa memperbaiki segala yang sudah kita lakukan di tahun sebelumnya”

“Assalamu’alaikum. Semoga kalian baik-baik saja yaa. Oiya, aku mau ngucapin sesuatu loh sama kalian, pastinya kalian juga tau kata apa yang akan aku ucapkan. Selamat Tahun Baru Islam yah teman-teman, semoga apa yang kalian semogakan di tahun lalu, bisa terwujud di tahun yang baru ini, maafin kesalahan aku juga ya teman-teman”

“Hay selamat malam kawan. Sebentar lagi tahun 1436 H akan segera berakhir dan akan segera berganti dengan tahun yang baru, tentunya tahun 1438 H. elamat Tahun Baru Islam yah teman-temanku yang baik hati, semoga apa yang kalian cita-citakan bisa terwujud ditahun yang baru ini”

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak mengingat Allah” (QS Al Ahzab 21). Selamat Tahun Baru 1438 Hijriah. Mari jadikan Nabi Muhammad sebagai idola kita dan idola seluruh keluarga kita”

“Sesungguhnya Al-Quran ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihara (Lauhul Mahfuzh), tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan. Diturunkan dari Rabbil ‘alamiin” (QS Al Waaqiah 77-80). Selamat Tahun Baru 1438 Hijriah. Mari jadikan Al Quran sebagai bacaan wajib harian untuk kita, keluarga kita di rumah kita”

“Tidakkah kamu memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia tundukkan matahari dan bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan, dan sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS Lukman 29). Selamat Tahun Baru 1438 Hijriah. Semoga tetap menjadi hamba yang bertafakur”

“Demi waktu sesungguhnya manusia dalam keadaan rugi. Kecuali yang beriman dan beramal shalih, serta saling menasihati tentang kebenaran dan kesabaran” (Al Ashar 1-3), Selamat Memasuki Tahun Hijriah Baru – Semoga kita selalu ingat waktu dan memanfaatkannya di jalan Allah.

“Shalat berjamaah lebih baik 27 derajat” (HR Bukhari, Muslim) | Sahabat, Selamat Tahun Baru 1438 Hijriah. Raih selalu dahsyatnya shalat berjamaah di masjid”.

(sumber: pojoksatu)

Respon Anda?

komentar