Baznas Distribusikan Zakat Periode III, Nominalnya Capai Rp 500 Juta

303
Pesona Indonesia
Wakil Bupati foto bersama dengan Ketua Baznas Karimun. foto:foto:humas BAZ untuk Batam Pos
Wakil Bupati foto bersama dengan Ketua Baznas Karimun. foto:humas BAZ untuk Batam Pos

batampos.co.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karimun, kembali menyalurkan zakat sebanyak Rp 500 juta untuk periode III tahun 2016 di Masjid Al-Ikhlas Bukit Senang, Sabtu (1/10). Penyaluran itu dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim, Kakamenag Karimun, Aprizal, Asisten Tata Pemerintahan Karimun Muhammad Tang, Camat Karimun Ramli, Lurah Tanjungbalai Kota, Ahmad, dan peserta penerima zakat fakir fiskin, fisabilillah.

“Pemerintah memberikan apresiasi kepada Baznas Karimun yang telah berupaya mengumpulkan zakat mencapai Rp 500 juta. Sehingga dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat yang kurang mampu, terutama penerima zakat produktif yang harus diperbanyak. Sehingga, dapat meningkatkan perekonomian keluarga,” jelas Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim, dalam pesannya kepada penerima zakat.

Lanjutnya, untuk zakat pendidikan diharapkan lebih diprioritaskan kepada anak-anak yang berprestasi tapi orangtuanya kurang mampu dalam menunjang anaknya untuk melanjutkan sekolah. Dengan demikian, keberadaan Baznas Karimun ini sangat membantu semua pihak. Baik Pemerintah maupun masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan.

“Saya juga menghimbau kepada masyarakat, silahkan sisihkan penghasilan untuk berzakat,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Baznas Karimun, Atan AS mengatakan, untuk periode ketiga ini pihaknya telah mengumpulkan sebesar Rp 500 juta. Untuk empat kecamatan yaitu Kecamatan Karimun, Meral, Tebing, Buru, Moro dan Durai dengan jumlah 886 jiwa total Rp 246.500 ribu. Sedangkan untuk Fisabillilah ada 175 orang yang mencapai Rp 51.500 ribu, kemudian untuk pinjaman modal usaha atau zakat produktif penerimanya 24 orang dengan jumlah Rp 98.500 ribu. Selanjutnya, untuk pendidikan ada 74 pelajar dengan total Rp 40.900 ribu.

“Alhamdulillah, setiap periodenya terjadi peningkatkan yang melakukan zakat ke Baznas Karimun ini. Mudah-mudahan diperiode terakhir atau periode empat akan bertambah. Sehingga, target untuk tahun 2016 ini tercapai Rp 2 miliar,” ungkapnya.

Dalam pendistribusian zakat tersebut, diprioritaskan dulu di wilayah pulau Karimun besar selain di Masjid Al Ikhlas, dilanjutkan ke masjid Ibadurrahman Sungai Lakam. Kemudian, masjid Sirojul Munir, Kecamatan Meral Barat dan dilanjutkan hari berikutnya secara bertahap. (tri/bpos)

Respon Anda?

komentar