Dihantam Ombak, Pantai Wisata Batu Kasah Mengalami Abrasi

681
Pesona Indonesia
Abrasi pantai wisata Batu Kasah kian mengkhawatirkan. foto:aulia rahman
Abrasi pantai wisata Batu Kasah kian mengkhawatirkan. foto:aulia rahman

batampos.co.id – Kawasan pantai wisata Batu Kasah di Desa Cemaga terus menghawatirkan. Bibir pantai terus terkikis gelombang musim angin utara.

Abrasi pantai di Desa Camaga Tengah, tepatnya kawasan wisata Batu Kasah yang merupakan destinasi wisata yang telah ditetapkan pemerintah, belum mendapat perhatian pemerintah. Menyebabkan kerusakan bertambah parah.

Menurut warga setempat, abrasi pantai setiap tahun terus meluas ketika terjadi musim angin utara. Karena saat musim tersebut, aktivitas gelombang laut meningkat. Sementara saat ini, pemerintah belum membangun batu pemecah ombak.

Menurut Alim, aparat pemerintah desa setempat, sebelum terjadi abrasi, dari jalan raya dari bibir pantai jaraknya sekitar 30 meter. Namun sekarang sudah kurang dari 10 meter.

“Sebelumnya dibibir pantai itupun banyak pohon kelapa, tapi sekarang sudah banyak tumbang karena pantainya abrasi,” tutur Alim, Minggu (2/10).

Sarman, 45, warga setempat mengaku, jika musim angin utara, gelombang cukup tinggi hingga ke bibir pantai. Bahkan kondisi abrasi pantai tersebut sudah terjadi beberapa tahun terakhir.

“Pantai di Desa Cemaga Tengah ini adalah destinasi wisata, tapi kurang dapat perhatian. Kami berharap abrasi pantai segera diatasi pemerintah, karena tinggal beberapa meter lagi pantainya dari jalan raya,” ujar Sarman.

Camat Bunguran Selatan Saidir mengatakan, pihaknya sudah melaporkan kepada pemerintah daerah terkait kondisi abrasi pantai wisata yang sudah parah.

“Kami sudah berkoordinasi dengan dinas teknis, supaya abrasi pantai diberikan solusi tepat. Supaya pantai tidak bertambah rusak. Memang penyusutan daratan sudah cukup luas,” ujar Saidir.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar