Dinkes Tanjungpinang Tetap Antisipasi Zika

307
Pesona Indonesia
Virus Zika
Virus Zika

batampos.co.id – Kendati sayup-sayup persebaran virus zika sudah tidak begitu lagi masif, bukan berarti ancaman virus yang disebabkan dari gigitan nyamuk ini hilang sama sekali. Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang tetap mengantisipasi kemungkinan adanya persebaran yang masuk dari Singapura.

Kepala Dinkes Tanjungpinang, Rustam bahkan dengan tegas menyatakan, hingga kini pihaknya terus menjalin koordinasi intensif dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan. “Tetap dong. Tetap harus ada antisipasi. Lebih baik sedia payung sebelum hujan kan,” katanya, kemarin.

Ada sejumlah aksi pencegahan yang selama ini sudah dilakukan. Rustam menyebutkan yang pertama adalah pengawasan dan pemeriksaan kondisi kesehatan dari penumpang yang masuk Tanjungpinang dari Singaura. Bila memang ada penumpang yang teridentifikasi demam tinggi, akan dibekali dengan kartu tanda peringatan. Kemudian penemuan tersebut bakal dilaporkan ke Dinkes Tanjungpinang yang berwenang melakukan penanganan.

Lalu, sambung Rustam, bila ketika diperiksa di pelabuhan tidak teridentifikasi apa-apa, namun setelah beberapa hari di rumah terjangkit demam, maka harus segera dilaporkan untuk deteksi dini dan menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Rustam menambahkan, sejak beberapa waktu lalu Dinkes Tanjungpinang juga sudah melakukan sosialisasi masif perihal virus zika, baik itu pengenalan gejalanya maupun pencegahan dan penanganannya.

“Alhamdulillah masyarakat sudah banyak yang paham melalui sosialisasi yang sudah dilakukan,” ucapnya.

Hingga kini belum pernah satu pun penumpang dari Singapura yang masuk ke Tanjungpinang dan dinyatakan suspek zika positif. Kendati begitu, Rustam tetap mengimbau kepada masyarakat Tanjungpinang agar tetap menggalakkan kegiatan 3M sebagai pencegahan perkembangbiakan nyamuk yang tidak hanya membawa virus zika, tapi juga nyamuk penyebab demam berdarah dengue.

“Kalau penyakit yang disebabkan nyamuk, tidak ada pencegahan yang lebih intensif dan bisa dilakukan bersama selain 3M. Dalam berbagai kesempatan kami juga terus menyampaikan itu,” pungkasnya. (muf/bpos)

Respon Anda?

komentar