Forum Komunitas Hijau, Wujudkan Bintan Asri

372
Pesona Indonesia
Plt Sekda Bintan, Raja Muhammad Akib Rachim menyiram bibit pohon yang ditanam Bupati Bintan, Apri Sujadi di Kawasan Taman Kota Kijang  City Walk, Kecamatan Bintan Timur, Minggu (2/10). Foto: Humas Pemkab Bintan.
Plt Sekda Bintan, Raja Muhammad Akib Rachim menyiram bibit pohon yang ditanam Bupati Bintan, Apri Sujadi di Kawasan Taman Kota Kijang City Walk, Kecamatan Bintan Timur, Minggu (2/10). Foto: Humas Pemkab Bintan.

batampos.co.id – Bupati Bintan, Apri Sujadi dan Wakil Bupati, Dalmasri Syam, mengukuhkan dan meresmikan Pengurus Forum Komunitas Hijau Kabupaten Bintan di Lapangan Relief Antam, Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Minggu (2/10). Komunitas yang bergerak di bidang pecinta keindahan alam tersebut merupakan remaja-remaja atau putra putri asli Bintan yang akan mewujudkan seluruh wilayah kabupaten ini menjadi aman, sehat, bersih dan indah (Asri).

Hadir dalam kegiatan ini, Plt Sekda Bintan, Raja Muhammad Akib Rachim, Ketua PKK Kabupaten Bintan, Deby Maryanti Sujadi, Wakil Ketua PKK Kabupaten Bintan, Herdawati Dalmasri, Anggota DPRD Provinsi Kepri, Susilawati , Ketua DPRD Kabupaten Bintan, Lamen Sarihi, Kepala Satker Penataan Bangunan dan Lingkungan Provinsi Kepri, Iswanto, seluruh SKPD Kabupaten Bintan , tokoh masyarakat dan para pelajar se Bintan.

“Kabupaten Bintan harus memiliki kawasan hijau. Untuk itu, dibutuhkan orang-orang yang peduli atau cinta dengan alam. Sehingga kami resmikanlah Komunitas Hijau di Kabupaten Bintan,” ujar Bupati Bintan, Apri Sujadi usai melaksanakan penanaman bibit pohon di Kawasan Taman Kota Kijang City Walk.

“Merekalah yang akan mewujudkan kota-kota yang Asri di seluruh wilayah Kabupaten Bintan,” tambahnya.

Untuk merayakan keberadaan Forum Komunitas Hijau Kabupaten Bintan Periode 2016-2021 itu, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan menaja beberapa kegiatan untuk menghibur masyarakat di bagian timur Kabupaten Bintan. Diantaranya, jalan santai, lomba mewarnai, music akustik , street magician, dan stand up comedy serta hiburan lainnya.

Kata dia, kegiatan dengan tema “Save Earth With Heart” itu sengaja dilakukan Pemkab Bintan mengingat akan pentingnya ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kabupaten Bintan. Bahkan untuk merealisasikan keinginan itu, sambungnya, 2017 mendatang ia akan melaksanakan penataan kampung atau kota tua di beberapa wilayah kabupaten ini.

“Apa yang kita lakukan sudah sesuai amanat UU Nomor 26 Tahun 2007. Kita juga merancang untuk membentuk kampung atau kota tua 2017 mendatang. Itu semua hanya untuk RTH,” katanya.

“Semoga dengan itu semua kita bisa kembali meraih Piala Adipura tahun depan,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam mengatakan untuk menciptakan kota nan hijau dibutuhkan komunitas yang berisikan orang-orang yang peduli ataupun cinta terhadap alam. Bahkan dengan adanya komunitas tersebut dapat membantu Pemkab Bintan untuk kembali meraih Piala Adipura 2017 mendatang.

“Kita percayakan Komunitas Hijau itu dapat menciptakan kota yang hijau, bersih dan asri di Bintan,” katanya.

Selama ini banyak kendala dan hambatan yang dialami Pemkab Bintan untuk mewujudkan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya keindahan alam. Jadi dengan adanya peran Forum Komunitas Hijau inilah diharapkan kendala dan hambatan itu bisa ditangani dengan segera. Sehingga masyarakat Bintan bisa mencintai lingkungan, kebersihan dan sehat.

“Harapan kita hanya ingin kota yang bersih, hijau dan sehat. Dengan itu, Piala Adipura akan mudah kita raih kembali,” harapnya. (ary/bpos)

Respon Anda?

komentar