Fery Tanjungpinang-Anambas Beroperasi Kembali

711
Pesona Indonesia
Feri Seven Star yang biasanya melayari rute Tanjungpinang-Anambas. foto:net
Feri Seven Star yang biasanya melayari rute Tanjungpinang-Anambas. foto:net

batampos.co.id – Tiga fery rute Tanjungpinang-Letung-Tarempa, masing-masing Transnusantara, VOC Batavia, dan Seven Star Island, akhirnya diizinkan untuk beroperasi kembali setelah beberapa saat vakum. Hal tersebut sesuai dengan surat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Dirjen Perhubungan laut Pertanggal 27 September 2016.

Dalam surat bernomor PR/101/142/9/DA-2016, berbunyi berdasarkan surat Direktur Jendral Perhubungan Laut Cq Direktur Perkapalan dan Kepelautan Nomor UM.002/14/03/DK-16 tanggal 26 September Perihal Pemeriksaan kelaiklautan kapal, maka pengoperasian ketiga kapal itu tidak memiliki masalah untuk melaksanakan rute pelayaran Tanjungpinang-Tarempa sepanjang perawatan dan manajemen pengoperasian kapal tetap dilaksanakan sesuai prosedur.

Maka berdasarkan surat tersebut maka persetujuan Rencana Pengoperasian Kapal (RPK) ketiga kapal tersebut tetap berlaku. Surat tersebut ditanda tangani oleh Mokhamad Hasni atas nama Dirjen Perhubungan Laut Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut.

Ketua LSM Pena Darvit menyambut baik tiga kapal yang dapat beroperasi tersebut, mengingat kebutuhan masyarakat Anambas akan transportasi laut sangat tinggi. “Kita gembira yery dari Pinang dan Batam dapat beroperasi secara berbarengan,” kata Darviet melalui telepon, genggamnya Senin (3/10)

Meski demikian, Darvit, menekankan kepada calon penumpang dan pemilik kapal dapat memperhatikan pelayanan kepada masyarakat. “Jangan seperti dulu terjadi kembali, masyarakat yang ingin mendapatkan tiket sangat sulit, belum lagi sejumlah persoalan seperti pelayanan yang terkesan asal-asalan dan seenaknya,” ungkapnya.

Dengan berlayarnya kembali fery Tujuan Tanjung Pinang-Letung-Tarempa, otomatis fery menjadi setiap hari. Ditopang dengan pelayanan maskapai Xpress Air tentu akan mempermudahkan masyarakat untuk keluar masuk Anambas.

Diketahui sudah kurang lebih satu bulan fery dari Tanjungpinang tidak berlayar karena adanya surat dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Tanjungpinang mengenai peninjauan kembali Rencana Pengoperasian Kapal (RPK) tiga kapal ferry yang biasa melayani rute Tanjungpinang-Anambas.(sya/bpos)

Respon Anda?

komentar