Ikuti Gawai Kapal Hias, Lingga Kirim Bulang Linggi

748
Pesona Indonesia
Festival Sungai Carang akan  ikut meramaikan Festival Bahari Kepri (BRK) Oktober mendatang. foto:dok
Festival Sungai Carang akan ikut meramaikan Festival Bahari Kepri (BRK) Oktober mendatang. foto:dok

batampos.co.id – Setelah bermusyawarah bersama dengan para tokoh masyarakat (Tomas), Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Lingga serta pemerhati sejarah, Pemkab Lingga melalui dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) sepakat menggunakan nama kapal ‘Bulang Linggi’ untuk mengikuti Festival Bahari Kepri (FBK) 2016 di Tanjungpinang. Hal tersebut disampaikan langsung Kadisbudpar Lingga, M Asward, Senin (3/10).

Pemilihan nama kapal perang yang digunakan Raja Haji Fisabilillah dalam peperangan melawan Belanda di Teluk Ketapang, menjadi salah satu referensi yang disejalankan dengan usulan ketokohan Sultan Mahmud III dibalik peristiwa besar tersebut menjadi Pahlawan Nasional.

“Setelah duduk bersama, kami sepakat kapal hias dari Lingga menggunakan nama Bulang Linggi. Ini berdasarkan masukan Tomas, LAM, Pemerhati Sejarah dan juga dihadiri Wabup Lingga, M Nizar,” ungkap Asward.

Untuk persiapan sendiri, menjelang even puncak Sail Karimata di ibukota provinsi pada akhir bulan Oktober ini, dijelaskan Asward, pihaknya telah mempersiapakan kapal berukuran 40 kaki. Nantinya, kapal tersebut kata Asward akan didesain menggunakan layar, motif dan corak melayu.

“Desain sudah ada. Kami sudah menjejaki ke lapangan untuk persiapan. Dalam kegiatan ini, kami juga akan memperkenalkan lebih luas ketokohan Sultan Mahmud III,” sambungnya.

Selain mempersiapkan kapal hias, Asward mengatakan pihaknya juga telah mempersiapkan komunitas fashion ‘Akari Cak Konon’ Lingga untuk mengikuti ajang Kepri Fashion Carnival. Untuk di wilayah perairan titik labuh Lingga, sejumlah persiapan penyambutan budaya di titik labuh perairan Penuba dan Benan juga tengah disiapkan Disbudpar Lingga. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar