Ladies, Ini Lima Pertanda Hormon di Tubuh Kamu Kacau

677
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Hormon merupakan zat kimia yang memiliki peran penting dalam tubuh manusia. Pada wanita, hormon umumnya berfungsi pada saat mengalami pubertas dan kemudian memainkan peran dalam pengaturan perilaku seksual.

Namun kenyataanannya, ketidak seimbangan/kekacauan hormon sering sering dialami terutama pada wanita. Hal ini sering kali dipicu oleh pola makan dan gaya hidup yang cenderum kurang sehat.

Meski terlihat sederhana, ketidak seimbangan hormon bisa berdampak pada kesehatan dalam jangka panjang. Kekurangan atau ketidak seimbangan hormon pada wanita bisa menyebabkan infertilitas alias kemandulan.

Berikut ini adalah 5 ciri ketidak seimbangan hormon pada wanita:

1. BAB lebih banyak

” Jika Anda tiba-tiba sembelit atau Anda buang kotoran sepanjang waktu, itu bisa jadi berhubungan dengan baik hipotiroidisme (tidak cukup hormon tiroid) atau hipertiroidisme (terlalu banyak hormon tiroid),” kata seorang ahli endokrinologi, Kathleen Figaro, MD, seperti dilansir laman Prevention.

Itu karena hormon tiroid Anda membuat organ-organ beroperasi lebih cepat (hipertiroidisme) atau lebih lambat (hipotiroidisme) ketika mereka sedang kacau/tidak seimbang.

2. Mata terlihat lebih besar

Jika ada yang pernah memberitahu Anda bahwa mata Anda terlihat lebih besar, mungkin menjadi tanda dari bentuk yang paling umum dari hipertiroid yakni gangguan penyakit graves autoimun.

Mata Anda terlihat lebih besar karena kelopak mata Anda ditinggikan akibat jaringan di belakang mata meradang.

3. Rambut berhenti tumbuh

Jika rambut Anda terasa kasar atau Anda memiliki kurang dari itu di mana saja di tubuh Anda, maka itu bisa menjadi tanda hipotiroidisme karena hormon tiroid yang bertanggung jawab atas pertumbuhan rambut.

4. Melupakan sesuatu

Sementara kabut otak adalah gejala terkenal dari hipotiroidisme, tidak bisa mengingat sesuatu yang baru terjadi juga bisa menjadi tanda peringatan. Mengapa?

Rendahnya kadar hormon tiroid yang mengontrol metabolisme dan fungsi otak akan memengaruhi kemampuan Anda untuk berkonsentrasi pada saat itu dan membuat kenangan.

5. Kulit kering

Kulit kering juga bisa menjadi tanda hipotiroidisme. Ketika Anda menghasilkan sedikit hormon tiroid, maka hal tersebut akan memperlambat metabolisme kulit Anda yang berarti menghasilkan sedikit minyak yang membuat kulit Anda lembab. (fny/jpnn)

Respon Anda?

komentar