Perda RTRW Kepri Tunggu Masukan dari Batam

377
Pesona Indonesia
Saproni
Saproni

batampos.co.id – Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Kepulauan Riau sudah memasuki babak akhir. Ketua Panitia Khusus Ranperda ini, Saproni mengatakan, penjaringan masukan dari pemerintah daerah tinggal menunggu Kota Batam.

“Besok (hari ini, red) kami akan bertemu dengan Pemerintah Kota Batam dan BP Batam untuk membicarakan RTRW ini. Sekaligus juga kami ingin mendengarkan masukan dari mereka,” kata Saproni, Senin (3/10).

Batam menjadi daerah terakhir yang diminta masukan setelah enam kabupaten/kota lainnya telah memberikan masukannya ke Pansus RTRW. Saproni menambahkan, setelah seluruh masukan dikantongi baru akan dilaksanakan pembahasan bersama. Sehingga mana-mana yang tidak sesuai dengan perencanaan baru akan terlihat di tahapan tersebut.

Sementara itu, Wakil Ketua Pansus RTRW, Sukri Fakhrial menambahkan, dari data-data dan informasi yang sudah diterima anggota pansus hingga kini belum dapat dikatakan segalanya telah selesai. Karena masih ada verifikasi ulang untuk memastikan ketidaksinambungan antara kabupaten/kota dengan provinsi bisa dihindari.

“Semuanya kan harus saling berkaitan. Jadi kabupaten/kota mengikuti perencanaan provinsi dikarenakan provinsi juga mengikuti perencanaan pusat,” tutur Sukri.

Perihal penyesuaian ini dianggap olehnya sebagai hal yang umum. Mengingat, kata Sukri, setiap kabupaten/kota berkesempatan mengubahnya sepaling tidak selama lima tahun sekali.

“Jadi sifatnya memang masih dapat diubah. Berhubung terkadang ada saja yang tak sejalan antara pema dengan pemerintah pusat. Di sini kami akan menyesuaikan,” ujarnya. (aya/bpos)

Respon Anda?

komentar