Samsat Kepri Raih ISO 9001 Versi 2015

608
Pesona Indonesia
Warga saat membayar pajak di loket Dispenda Kepri Batam Centre beberapa waktu lalu.  Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos
Warga saat membayar pajak kendaraan di Samsat Kepri Batam Centre beberapa waktu lalu.
Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos

batampos.co.id – Sistim Administrasi Satu Atap (Samsat) Provinsi Kepri terus meningkatkan kualitas mutu pelayanan prima kepada masyarakat. Itu ditandai dengan diraihnya peningkatan ISO 9001 tahun 2008 ke versi terbaru ISO 9001 tahun 2015 yang dikeluarkan oleh International Certification Body PT Asia Cipta Management (ACM) Indonesia, yang merukapan bagian dari ACM Limited Inggris yang diakreditasi oleh United Kingdom Accreditation Service (UKAS). Keuntungan ISO 9001 tahun 2015 ini, semua petugas Samsat dilatih pelayanan lebih cepat.

“Jika persyaratan semua sudah lengkap, maka masyarakat yang membayar pajak atau jasa-jasa pelayanan lainnya di Samsat Kepri sekitar lima menit selesai. Ini merupakan amanat nawacita Presiden yang diaplikasikan oleh Samsat Kepri sesuai arahan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Dengan ISO 9001 tahun 2015 ini, masyarakat yang berurusan ke Samsat Kepri tak perlu antrean panjang lagi,” ujar Kepala Kantor Pelayanan Pajak Daerah (KPPD) Batam Dispenda Kepri, Novianto, di Batam Centre, Sabtu (1/10).

Sebelumnya, kata Novianto, pelayanan Samsat Kepri juga sudah baik ditandai dengan diraihnya kualitas pelayanan mutu dengan sertifikat ISO 9001 tahun 2008. Namun, sesuai perkembangan tuntutan zaman sehingga pelayanan juga harus semakin meningkat. Di antaranya memasukkan unsur kemajuan teknologi seperti dukungan provider bank kerja sama. Dengan bank kerja sama tersebut, sesuai ISO 9001 tahun 2015 bahwa pembayaran bisa melalui bank atau anjungan tunai mandiri (ATM) bank kerja sama yang diletakkan di beberapa tempat. Pembayaran pajak juga bisa melalui drive thru ATM, yakni pembayaran di ATM tanpa perlu turun dari kendaraan.

“Pelayanan drive thrus ATM tersebut seperti pelayanan pesanan makanan cepat di KFC. Struk pembayaran ATM tersebut dibawah ke Samsat Kepri, itulah yang menjadi bukti pembayaran pajak. Oleh petugas pajak cukup mengecek data pajak tersebut sesuai dengan data base yang ada di Samsat,” ungkap Novianto.
Beberapa keutungan lain ISO 9001 tahun 2015, masih Novianto, pembayaran pajak tak perlu lagi direpotkan legalitas seperti kartu tanda penduduk (KTP). Peningkatan pelayanan ini untuk membantu pemilik kendaraan yang belum membalikkan nama kendaraan yang dimilikinya dari pemilik kendaraan sebelumnya. “Dulu kalau BPKB masih atas nama orang lain, lalu untuk pembayaran pajak harus melampirkan KTP orang tersebut. Kalau orangnya sudah mati atau pindah alamat, tentu merepotkan pemilik kendaraan baru yang belum sempat membalikkan nama ke yang bersangkutan. Kini semua itu semakin dipermudah,” jelas Novianto.

Kasi Penerimaan Dan Penetapan KPPD Batam, Diky Wijaya, SE, M.Si menambahkan pelayanan ISO 9001 tahun 2015 ini diharapkan mampu merangsang animo masyarakat untuk membayar pajak tepat waktu. Yang muara akhirnya bisa mendongkrat pendapatan asli daerah (PAD). “Banyak juga masyarakat kita yang menunda-nunda membayar pajak kendaraanya, karena takut ribet. Sekarang dengan ISO 9001 tahun 2015 maka pelayanan semakin mudah, semakin cepat, dan tanpa ribet. Anda bisa datang ke Samsat Kepri sekarang ini fasilitas pelayanannya terus berbenah dan semakin nyaman,” ungkap Diky.

Disebutkannya, Samsat Kepri termasuk salah satu Samsat percontohan di Indonesia yang terus berbenah dalam hal peningkatan kualitas pelayanan prima ke masyarakat dari tahun ke tahun. Dipaparkannya, Samsat Kepri masuk mal merupakan terobosan pelayanan masyarakat sambil belanja bisa mengurus perpanjangan pajak. Selain itu, Samsat Kepri keliling yakni proaktif menjemput wajib pajak ke lokasi-lokasi kawasan industri bagian dari metamorfosis pelayanan Samsat Kepri.

“Samsat Kepri berkomitmen senantiasa berubah meningkatkan pelayanan sesuai perkembangan zaman. Dengan demikian, masyarakat semakin familiar dengan Samsat Kepri dengan pelayanannya yang ramah. Dan motto Samsat Kepri sesuai ISO 9001 tahun 2015 adalah senyum, salam, sapa. Masyarakat datang ke Samsat Kepri dengan tersenyum maka pulang harus tertawa karena dilayani petugas-petugas yang penuh sopan santun dan ramah,” ujar Diky. (ash/bpos)

Respon Anda?

komentar