Sukhoi dan F 16 Lalulalang di Langit Natuna

1210
Pesona Indonesia
Pesawat tempur T-50 milik TNI AU lepas landas di Lanud ranai dalam rangka latihan Angkasa Yudha. foto: aulia rahman
Pesawat tempur T-50 milik TNI AU lepas landas di Lanud ranai dalam rangka latihan Angkasa Yudha. foto: aulia rahman

batampos.co.id – Intensitas penerbangan pesawat tempur di udara Natuna meningkat, Rabu (3/10). Disertai dentuman rudal udara yang ditembakkan.

Latihan Angkasa Yudha kali ini di Natuna berbeda dari latihan beberapa tahun lalu. Namun saat ini puluhan pesawat tempur dari sejumlah skuadron tempur disiagakan di Lanud Ranai.

Tidak hanya simulasi pertempuran udara diatas pangkalan udara Ranai, sejumlah pesawat hercules dan heli lalu lalang menerjunkan personel. Rudal dan orlicon sudah diuji coba dalam latihan tersebut.

Danlanud Ranai sekaligus Komandan Latihan Angkasa Yudha 2016 Kolonel Pnb Nurtantio Affan mengatakan, latihan yang digelar merupakan simulasi pertempuran udara.

Simulasi yang dilaksanakan, kata Danlanud, adalah simulasi pertempuran udara, penembakan udara ke darat, penembakan darat ke udara penerjunan satuan tempur, SAR tempur, dan kegiatan simulasi pertempuran lainnya.

Dalam simulasi ini sambungnya, melibatkan banyak unsur tempur. Diantara flight Sukhoi, F16, T-50 Golden Eagle, Hawk 109/209, Super Tucano, C-130 Hercules, Cassa 212, heli SA-330 Puma, Pasukan Khas AU (Paskhas), dan kekuatan udara lainnya.

“Simulasi pertempuran udara sudah dimulai, semua flight disiagakan di Lanud Ranai,” ujar Nurtantio.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar