2017, Pembenahan Air Bersih Skala Prioritas Pemkab Karimun

487
Pesona Indonesia
Kantor SPAM Kundur Barat yang ditumbuhi semak. foto:imam soekarno/batampos
Kantor SPAM Kundur Barat yang ditumbuhi semak. foto:imam soekarno/batampos

batampos.co.id – Bupati Karimun Aunur Rafiq berjanji akan memprioritaskan masalah air bersih yang sudah lama dikeluhkan masyarakat Kundur. Bahkan Rafiq menyebutkan pada tahun 2017, masalah air bersih menjadi skala prioritas untuk dibenahi. Hal itu dikatakan Rafiq menanggapi mangkraknya proyek nasional sistem pengelolahan air minum (SPAM) ibu kota kecamatan (IKK) di Batu 14, Kundur Barat, yang dibangun tahun 2014 dengan anggaran Rp 7 miliar.

“Betul awalnya kita akan membangun jaringan instalasi ke rumah warga. Namun keuangan kita tidak mampu karena transfer pusat yang tidak sampai pada kita. Duit kita tidak cukup untuk membangun jaringan instalasi ke rumah warga,” papar Rafiq, akhir pekan lalu.

Sebagai komitmen Pemerintah Karimun pada tahun 2017, pemerintah akan membangun 46 titik PDAM termasuk di Kundur. Untuk itu diminta warga sedikit bersabar agar permasalahan air bersih ini dapat terealisasi dengan baik.

Terkait proyek SPAM, Kepala Cabang Kejakasaan Negeri (Kacabjari) Kundur Filpan Fajar D. Laia bersama tim ahli telah melakukan penyidikan. Hasilnya tidak ditemukan penyimpangan anggaran yang merugikan negara, dan proyek dikerjakan sesuai dengan besarnya anggaran dengan bentuk fisik berupa pengerjaan kontruksi Rp 3,9 miliar, pembangunan jaringan distribusi utama (JDU) Rp 2,6 miliar, dan agatimalisasi IKK Kuba Rp 1,8 miliar dengan kapasitas instalasi pengelolaan air (IPA) 101 per detik bak penampung 200 M kubik.

Meskipun tidak ditemukan perbuatan melawan hukum dan kerugian negera, selanjutnya kejaksaan mendesak kepada pemerintah Karimun melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) segera membangun jaringan instalasi ke rumah warga sesuai komitmen awal. Jika tidak dilakukan, Pemerintah Karimun termasuk penelantaran aset negara dan dapat dimungkinkan merupakan tindakan pidana korupsi. (ims/bpos)

Respon Anda?

komentar