BNNP Kepri Musnahkan 8 Kg Sabu dan 24.720 Ekstasi

369
Pesona Indonesia
Sabu-sabu. Foto: ilustrasi
Sabu-sabu. Foto: ilustrasi

batampos.co.id – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepulauan Riau memusnahkan sebanyak 8.848 kilogram sabu-sabu dan 24.720 butir ekstasi. Barang bukti narkotika yang diamankan tersebut didapat dari tujuh kasus yang ditangani BNNP.

“Ada barang bukti yang ambil sedikit untuk kepentingan dipersidangan dan juga pembuktian di laboratorium,” kata kepala BNNP Kepri Benny Setiawan, Selasa (4/10).

Ia merinci tujuh kasus yang ditangani tersebut yakni pada tanggal 28 Juli, BNNP Kepri amankan laki-laki berinisial R yang kedapatan membawa sabu seberat 4.064 kg. Sabu yang disembunyikan dalam kantong makanan kucing tersebut, juga ikut menyeret beberapa orang dalam jaringan ini yakni MF, DA, AD, AJ dan YS.

Benny mengatakan bahwa yang dimusnahkan seberat 4.064 kg gram. Sedangkan 48 gram disisihkan untuk keperluan persidangan dan uji laboratorium.

“Kasus kedua kami amankan dari WN Malaysia berinisial Mt pada 8 Agustus, dengan BB 74 gram. 63 gram dimusnhakan,11 gram disisihkan untuk sidang dan labor,” ucapnya.

Kasus ketiga diamankan ekstasi tak bertuan sebanyak 25 ribu butir pada 18 Agustus 2016 di parkiran hotel Planet Holiday. Dari ekstasi ini, disisihkan sebanyak 280 butir untuk uji laboratorium. “Kasus ke empat itu hasil temuan petugas Beacukai, Zr kedapatan menbawa sabu seberat 126 gram. 114 dimusnahkan dan 12 gram uji laboratorium dan persidangan,” tuturnya.

Lalu pada 26 Agustus petugas BNN menangkapa H dan S, saat itu keduanya membawa sabu seberat 184 gram. Sebanyak 178 gram dimusnahkan, enam gram untuk persidangan dan laboratorium.

“4 Sepetember kami menangkap Bd, kedapatan memiliki 4.400 gram sabu. Selain itu ditangkap juga Af dan Kp, dari barang bukti itu kami hanya menyusihkan enam gram uji labor. Sedangkan 4.394 dimusnahkan,” ungkapnya.

Kasus terakhir, kata Benny pihak Beacukai berhasil menangkap K,27 karena membawa 89 gram sabu. “83 gram dimusnhakn, enam gram disisihkan keperluan lab dan sidang,” ujarnya.

Pemusnahan dua jenis narkotika ini tidak dilakukan dengan cara yang sama. Narkoba jenis Sabu dimusnahkan dengan cara dimasukan ke dalam air panas, lalu diaduk hingga cair dab dimasukan ke dalam kloset.

Sedangkan ekstasi dimusnahkan dengan cara di blender, lalu dibuang ke dalam kloset.

Kabid Berantas BNN Kepri AKBP Bubung Pramiadi menyebutkan bahwa para pelaku jerat UU no 35 tahun 2000 tentang narkotika. (ska)

Respon Anda?

komentar