Palsukan Kematian Demi Dapatkan Uang Asuransi

414
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Tergiur menikmati uang klaim asuransi jiwa, Mohamad Syarif Bin Alias (53) melakukan aksi tipu-tipu. Tak tanggung-tanggung, warga Malaysia tersebut berpura-pura meninggal.

”Dia (Syarif, Red) melakukan kejahatan di negaranya, yaitu memalsukan data seolah telah meninggal dan mendapatkan klaim asuransi,” ungkap Kepala Divisi Keimigrasian Kementerian Hukum dan HAM Kalbar, Malfa Asdi.

Setelah mendapat uang karena klaim asuransi itu, Syarif datang ke Indonesia secara ilegal pada tahun lalu. Kemudian, dia menikahi orang Indonesia serta memohon paspor di Pontianak.

”Hasil kejahatannya dinikmati di sini. Dia tertangkap di Sambas pada 13 November 2015 karena penipuan tersebut. Dia membuat paspor di Imigrasi Pontianak sehingga pemberkasannya di sini,” jelasnya.

Entah bagaimana caranya, Syarif bisa memiliki KTP elektronik Pontianak. Sesuai alamat di KTP, dia tinggal di Gang Alpokat Jaya, RT 02, RW 15, Kelurahan Sei, Beliung, Kecamatan Pontianak Barat. Sementara itu, di Malaysia, dia berdomisili di Felda Bukit Jalor, No C431, Batang Melaka, Negeri Sembilan.

Syarif kini bersiap diusir dari Indonesia. Imigrasi Kelas I Pontianak akan mendeportasi Syarief bersama dua warga asing ilegal lainnya, yaitu See Wei Wen dan See Gui Wen yang overstay. (amb/c5/ami)

Respon Anda?

komentar