Penumpang Pesawat dari Kepri Turun 22,61 Persen

401
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Riau mencatat adanya penurunan jumlah penumpang pesawat domestik dari seluruh bandar udara yang beroperasi di Kepri pada bulan Agustus 2016. Diterakan bahwasanya jumlah penurunan mencapai 22,61 persen bila dibandingkan bulan sebelumnya.

Sepanjang Agustus 2016, jumlah penumpang yang bepergian dari Kepri menggunakan pesawat mencapai 233.032 orang atau turun 68.067 penumpang dibandingkan bulan sebelumnya. Namun bila dibandingkan dengan jumlah penumpang di bulan yang sama pada tahun sebelumnya, catatan tahun ini lebih tinggi. Pada Agustus 2015, tercatat hanya 197.241 orang yang bepergian dari seluruh bandara yang ada di Kepri.

Penurunan ini, sambung Panusunan, bisa jadi indikasi tidak adanya libur nasional atau cuti bersama. Kemudian juga baru saja masuk tahun ajaran baru bagi siswa sekolah. “Walau memang ditunjang keberadaan maskapai low-fare yang melayani penerbangan domestik, jadwal yang tidak menentu semacam ini ikut mempengaruhi minat bepergian orang,” ujarnya.

Lalu berapa jumlah penumpang yang tiba? Apakah sebanding? Berdasarkan data resmi BPS Kepri, sepanjang Agustus 2016, tercatat sebanyak 337.297 orang tiba di seluruh bandara yang ada di Kepri. Meski lebih tinggi dari jumlah penumpang yang pergi, jumlah ini masih terhitung mengalami penurunan 0,71 persen dibandingkan bulan lalu yang jumlahnya sebanyak 339.726 orang.

“Kalau penumpang angkutan udara internasional yang berangkat di bulan Agustus 2016, totalnya meningkat drastis. Sampai 3.907 orang,” sebut Panusunan.

Peningkatan penumpang di bandara internasional ini disinyalir berkenaan dengan aktivitas ibadah haji tahun ini. “Peningkatannya saja sampai 229.7 persen,” pungkasnya. (aya/bpos)

Respon Anda?

komentar