Dewan Natuna Minta Perdagangan Lintas Batas Dilegalkan

634
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – DPRD Natuna bersama Pemerintah Daerah meminta Kementerian Perdagangan melegalkan Perdagangan Lintas Batas Natuna dan Malaysia.

Dewan Natuna bahkan sudah membentuk Panitia Kerja (Panja) Perdagangan Lintas Batas untuk membicarakan hal ini dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Perdagangan.

Wakil Ketua Panja DPRD Natuna Marzuki mengatakan, perdagangan lintas batas antara Natuna dan Malaysia tidak bisa dihentikan. Karena rutinitas ini tetap dilakukan masyarakat.

Kondisi ini kata Marzuki, menjadi perhatian pemerintah daerah sejak terjadi pengkapan dua kapal ikan nelayan Serasan Natuna diperairan Malaysia setelah menjual hasil ikan dan menukarkan kebutuhan pokok.

“Perdagangan ini sudah  sejak lama berlangsung. Kadang kapal kapal ikan dari Natuna harus kucing kucingan dengan polisi perairan Malaysia,” ungkap Marzuki, Rabu (5/10/2016).

Keinginan DPRD dan Pemerintah Daerah kata Marzuki, rutinitas ini saling menguntungkan kedua pihak, bukan sebaliknya. Dengan menetapkan nilai tukar yang pasti.

“Kami berencana akan ke Kemelu dan Kementerian perdagangan. Harapannya, perdagangan di Sematan Malaysia bisa dilegalkan,” ujar Marzuki. (arn)

Respon Anda?

komentar