LAZ Masjid Raya Inisiasi Pendirian MCK Umum di Garut

409
Pesona Indonesia
LAZ Masjid Raya Batam berrsama TNI dan berbagai kalangan bahu membahu membangun MCK di wilayah bencana Garut, Jabar. Foto: dok LAZ Masjid Raya Batam
LAZ Masjid Raya Batam berrsama TNI dan berbagai kalangan bahu membahu membangun MCK di wilayah bencana Garut, Jabar. Foto: dok LAZ Masjid Raya Batam

batampos.co.id – Lembaga Amal Zakat (LAZ) Masjid Raya Batam mengirimkan relawan ke lokasi bencana banjir lumpur di Garut, Jawa Barat. Bersama dengan Al Azhar Jakarta, relawan lain dan TNI, ia menginisiasi berdirinya MCK umum di wilayah tersebut.

“Kami berdiskusi dengan relawan lain, (soal) apa yang bisa dibangun. Supaya bantuan itu tidak sekali habis,” kata Relawan LAZ MRB yang dikirim ke Garut, M Darwis.

Mereka sampai pada kesimpulan membuat MCK (mandi cuci kakus) umum lantaran melihat aktivitas MCK warga masih terpusat di sungai Cimanuk. Ini membahayakan. Sebab, arus sungai sangat kencang. Darwis mengaku merinding ketika mencoba buang air besar di sungai tersebut. Begitu juga dengan relawan lain.

MCK itu berukuran 4 x 3 meter persegi. Memiliki dua bilik wc dan dua bilik kamar mandi. Di depan bilik itu dibuatkan teras untuk mencuci.

“Di situ ada sumur. Kami membersihkannya supaya bisa dipakai warga,” katanya.

Posko yang Darwis dan relawan lainnya tempati berlokasi di Kampung Cimacan, Desa Haur Panggung, Kecamatan Parogong Kidul, Kabupaten Garut. Inilah lokasi yang paling parah diterjang banjir lumpur. Di sana tinggal 500 Kepala Keluarga dengan total jumlah jiwa mencapai 1.000 orang.

Jalan raya tertutup lumpur. Banjir lumpur lalu pun menggempur perumahan warga. Tingginya mencapai tujuh meter. Lumpur membalut hingga ke peralatan dapur. Termasuk pekerjaan relawan itu membersihkan piring-piring dan baju dari lumpur

“Uniknya, Masjid Al Hikmah di kawasan itu tidak runtuh kena banjir lumpur. Padahal, rumah di belakang masjid itu roboh kena banjir,” tutur Darwis.

Pendirian MCK itu sebagian menggunakan dana bantuan dari masyarakat Batam yang disalurkan melalui LAZ Masjid Raya Batam. Penggalangan dana dilakukan sejak Jumat (23/9) lalu. (ceu)

Respon Anda?

komentar