Pembentukan DOB Natuna Selatan dan Natuna Barat Masuk Isu Strategis

614
Pesona Indonesia
Peta Natuna
Peta Natuna

batampos.co.id – Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Natuna Selatan dan Natuna Barat kini didesak segera direalisasikan pemerintah.

Wakil Ketua I DPRD Natuna Hadi Candra mengatakan, pembentukan DOB Natuna Selatan dan DOB Natuna Barat yang merupakan bagian dari Kabupaten Natuna sudah masuk prioritas.

“Rapat DPD dan Mendagri kemarin, pembentukan DOB Natuna Selatan dan Natuna Barat masuk prioritas,” kata Candra, Rabu (5/10).

Kata Candra lagi, pemerintah sudah membentuk tim kajian independen dengan menelaah isu strategis berdasarkan persetujuan DPR RI dan DPD RI.

“Jadi sekarang Mendagri sudah membentuk tim kajian independen, hasilnya akan disampaikan dalam sidang DPOD,” kata Candra.

Jangka waktu daerah persiapan selama 3 tahun untuk usulan pembentukan dari daerah, dan selama 5 tahun untuk daerah yang dibentuk berdasarkan kepentingan strategis nasional sejak peraturan pemerintah tentang pembentukan daerah persiapan diterbitkan.

“Semua persyarat pembentukan DOB Natuna Selatan dan Natuna Barat sudah terpenuhi. Masyarakat sudah menantikan pembentukan ini disetujui pemerintah pusat,” kata Candra.

Dikatakan Candra, Natuna adalah kabupaten yang berada di tengah Laut Cina Selatan dan geografis wilayahnya terdiri dari pulau-pulau.

Sementara wilayah calon DOB Natuna Selatan terdiri tiga pulau besar yang berdekatan dengan wilayah Malaysia. Sama halnya wilayah calon DOB Natuna Barat, merupakan terdiri dari pulau pulau yang berbatasan dengan Vietnam dan Malaysia.

“Kemajuan pulau-pulau perbatasan sebagai beranda terdepan ini bergantung pada pembentukan DOB,” ujar Candra.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar